MAIDATUL KHOFIFAH, 126201202149 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH (SKU) DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH PESERTA DIDIK MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Impelementasi Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Peserta Didik MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Maidatul Khofifah, NIM. 126201202149, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Program Standar Kecakapan Ubudiyah, Ketaatan Ibadah Penurunan kualitas ubudiyah yang muncul ditengah-tengah umat manusia yang utama adalah terkait ketaatan dalam melaksanakan ibadah. Seiring dengan gelisahnya manusia masa modern ini, para pendidik memikirkan bagaimana cara agar peserta didiknya terjaga dari krisis tersebut. . Sesuatu yang mendasar dalam kehidupan belum mampu di terapkan dalam sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat sekitar. Perkembangan zaman yang signifikan ini membawa dampak yang luar biasa, apalagi pada kalangan peserta didik yang pada usia labil seringkali mudah terbawa arus yang sebenarnya mereka tidak mengetahui arah tujuannya. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk meningkatkan ketaatan ibadah peserta didiknya. Implementasi ketaatan dalam beribadah peserta didik MAN 3 Blitar terwujud dalam Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU). Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Persiapan Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Peserta Didik MAN 3 Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Peserta Didik MAN 3 Blitar? (3) Bagaimana Hasil Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Peserta Didik MAN 3 Blitar? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan lokasi di MAN 3 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) Program SKU di MAN 3 Blitar dilatarbelakangi oleh adanya Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor: KW.13.14/1/HK/.00.8/1465/2012 dengan memperhatikan kondisi pada saat itu. Persiapan pelaksanaan Program SKU di MAN 3 dimulai dengan pemilihan Guru Pembina SKU oleh Kepala Madrasah yang dibantu Waka. Kepala Madrasah memilih Guru Pembina SKU melalui seleksi non-tes. Setelah melalui proses pemilihan guru Pembina SKU diadakan rapat lanjutan yang terdiri dari Kepala Madrasah., Waka, Koordinator, serta Guru Pembinan SKU terpilih. (2) Program SKU di MAN 3 Blitar dilaksanakan oleh seluruh peserta didik kelas X dan Kelas XI, serta bapak/ibu guru selaku Pembina SKU MAN 3 Blitar. Waktu pelaksanaan Program SKU sesuai dengan kurikulum madrasah yang sudah ditetapkan. Adapun pelaksanaannya dilakukan di kelas masing-masing, dan untuk praktik dilakukan di Mushola MAN 3 Blitar. (3) Hasil Pelaksanaan Program SKU di MAN 3 Blitar yaitu ketaatan ibadah peserta didik meningkat. Penilaian program SKU dilakukan dengan non-tes. Penilaian tersebut berupa setoran hafalan serta praktik yang dinilai pada setiap pelaksanaan program yang harus dituntaskan sebagai syarat mengikuti ujian semester. Hasil pelaksanaan program SKU mampu memberikan peningkatan kemampuan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202149 MAIDATUL KHOFIFAH |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:58 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46199 |
Actions (login required)
View Item |