PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

LAILIL MAGHFIROH, 2814123099 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “pengembangan modul matematika dengan materi Transformasi berdasarkan kemampuan otak kanan siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Lailil Maghfiroh, NIM 2814123099, pembimbing Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang mudah jenuh dengan pelajaran matematika, mudah lupa dengan matei yang barusaja diajarkan, serta kurangnya daya kreativitas terutama ketika mengerjakan soal. Sehingga peneliti mengembangkan sebuah produk bahan ajar bernuansa baru berupa modul yang berdasarkan kemampuan otak kanan. Karena ketika otak kanan diikutsertakan dalam proses belajar mengajar, maka proses pembelajaran akan menyenangkan sehingga peserta didik lebih antusias dan kreatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah produk pengembangan modul matematika dengan materi Transformasi berdasarkan kemampuan otak kanan siswa?, (2) apakah ada pengaruh penggunaan produk pengembangan modul matematika dengan materi Transformasi berdasarkan kemampuan otak kanan siswa terhadap prestasi belajar siswa? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan produk pengembangan modul matematika berdasarkan kemampuan otak kanan siswa serta mengetahui pengaruh penerapannya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan menurut Borg and Gall dengan melalui beberapa tahap yaitu (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan format produk awal, (4) tahap validasi ahli, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul matematika dengan materi Transformasi berdasarkan kemampuan otak kanan siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 yang dikembangkan valid atau layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan presentase total 79,97%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa diperoleh signifikansi 0.012, nilai ini lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansinya 0.05. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diterapkan menggunakan modul berdasarkan kemampuan otak kanan dengan kelas yang tidak diterapkan menggunakan modul. Sehingga ada pengaruh penerapan modul berdasarkan kemampuan otak kanan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123099 LAILIL MAGHFIROH
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:20
Last Modified: 06 Feb 2017 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item