STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SDIT AL ASROR KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

AHMAD AL HAFIDZ IBNU RUHANIS, 126205202096 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SDIT AL ASROR KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung” tersebut disusun oleh Ahmad Al Hafidz Ibnu Ruhanis, NIM 126205202096, Pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Video Pembelajaran Perkembangan teknologi pendidikan era 4.0 menuju 5.0 ini sangat diprioritaskan untuk meningkatkan minat belajar siswa, namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang minat dalam pembelajaran sehingga membutuhkan strategi guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu SDIT Al Asror telah menerapkan strategi guru yang berbasis teknologi berupa video pembelajaran sehingga dapat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Pendekatan Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan uji keabsahan data menggunakan pengamatan secara cermat dan trianggulasi data. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunkan video pembelajaran IPA adalah menyusun rpp/modul ajar, membuat video pembelajaran dengan muatan animasi/gambar ilustrasi, menyiapkan perangkat laptop, LCD proyektor dan sound system, membuat video pembelajaran secara mandiri, menyusun evaluasi, menyusun strategi pembelajaran (strategi interaktif) 2) Untuk pelaksanaanya guru memulai dengan salam, do’a dan cek kehadiran, menyampaikan tujuan pembelajaran, ice breaking, literasi siswa, guru memberikan lembar kerja peserta didik, diskusi, presentasi, pengumpulan tugas, refleksi 3) Observasi minat belajar, evaluasi siswa yang ramai ketika pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202096 AHMAD AL HAFIDZ IBNU RUHANIS
Date Deposited: 30 May 2024 06:45
Last Modified: 30 May 2024 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46232

Actions (login required)

View Item View Item