AHMAD AL HAFIDZ IBNU RUHANIS, 126205202096 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SDIT AL ASROR KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (754kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung” tersebut disusun oleh Ahmad Al Hafidz Ibnu Ruhanis, NIM 126205202096, Pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Video Pembelajaran Perkembangan teknologi pendidikan era 4.0 menuju 5.0 ini sangat diprioritaskan untuk meningkatkan minat belajar siswa, namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang minat dalam pembelajaran sehingga membutuhkan strategi guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu SDIT Al Asror telah menerapkan strategi guru yang berbasis teknologi berupa video pembelajaran sehingga dapat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan video pembelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDIT Al Asror Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Pendekatan Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan uji keabsahan data menggunakan pengamatan secara cermat dan trianggulasi data. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunkan video pembelajaran IPA adalah menyusun rpp/modul ajar, membuat video pembelajaran dengan muatan animasi/gambar ilustrasi, menyiapkan perangkat laptop, LCD proyektor dan sound system, membuat video pembelajaran secara mandiri, menyusun evaluasi, menyusun strategi pembelajaran (strategi interaktif) 2) Untuk pelaksanaanya guru memulai dengan salam, do’a dan cek kehadiran, menyampaikan tujuan pembelajaran, ice breaking, literasi siswa, guru memberikan lembar kerja peserta didik, diskusi, presentasi, pengumpulan tugas, refleksi 3) Observasi minat belajar, evaluasi siswa yang ramai ketika pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202096 AHMAD AL HAFIDZ IBNU RUHANIS |
Date Deposited: | 30 May 2024 06:45 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46232 |
Actions (login required)
View Item |