PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 MIN 4 TULUNGAGUNG

NUR AZIZAH, 126205202142 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Pintar terhadap Minat dan Hasil Belajara Matematika Siswa Kelas 3 MIN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Nur Azizah, NIM 126205202142, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Dosen Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat dan Hasil Belajar, Matematika. Penelitian ini didasarkan atas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan pembelajaran konvensional melalui metode ceramah. Dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran menjadi monoton. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan dalam memahami materi, sehingga akan berdampak buruk bagi hasil belajarnya. Maka dari itu guru perlu menerapkan media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap minat belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024 yaitu kelas 3A, 3B, dan 3C sebanyak 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 3A sebanyak 20 siswa dan 3B sebanyak 20 siswa. Siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap minat belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung dengan nilai nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,310 > ttabel 2,101. Besar pengaruh yang diperoleh adalah 1,04 dengan presentase 84% termasuk dalam kriteria tinggi. 2) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 3,989 > ttabel 2,101. Besar pengaruh yang diperoleh adalah 1,2 dengan presentase 88% termasuk dalam kriteria tinggi. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian pintar terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas 3 MIN 4 Tulungagung dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202142 NUR AZIZAH
Date Deposited: 28 May 2024 09:08
Last Modified: 28 May 2024 09:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46293

Actions (login required)

View Item View Item