PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA (CEMPAKA) KEDIRI

DESY CANDRA KURNIA SARI, 12206193004 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA (CEMPAKA) KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita (Cempaka) Kediri" ditulis oleh Desy Candra Kurnia Sari, NIM 12206193004, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Media Kartu Bergambar, Perkembangan Kognitif Perkembangan kognitif yang tidak terstimulasi dengan baik mengakibatkan keterlambatan pada perkembangan kognitif anak usia dini. Salah satu alternatif yang dapat menstimulasi perkembangan adalah belajar sambil bermain. Media pembelajaran yang baik adalah yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dan dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi atau merangsang perkembangan anak sehingga berkembang secara optimal. Media kartu bergambar ini merupakan media yang menarik atensi siswa dan mengarahkan perhatian siswa agar fokus pada pelajaran yang berkaitan dengan makna yang ditampilkan atau yang disertai teks materi pelajaran. Fungsi media kartu bergambar dapat dilihat dari tingkat perhatian siswa ketika belajar. Adapun yang mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan : 1). Terdapat pengaruh penggunaan media kartu bergambar pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita (Cempaka) Kediri, data menunjukkan dengan hasil pengujian diperoleh nilai Asymp. Sig = ,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian selaras dengan hipotesis (Ha) dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2). Besarnya pengaruh penggunaan media kartu bergambar pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita (Cempaka) Kediri adalah pada Sig. (2-tailed) 0,502 > 0,05 dan dapat dibuktikan dari nilai t-hitung 4,75 > t-tabel 1,770.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193004 DESY CANDRA KURNIA SARI
Date Deposited: 29 May 2024 04:29
Last Modified: 29 May 2024 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46307

Actions (login required)

View Item View Item