ARFAN FAHRUDY, 321113042 (2017) PENERAPAN METODE DEMONTRASI MATA PELAJARAN FIQIH DALAM PEMBELAJARAN SHALAT FARDHU SISWA KELAS VII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (412kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (89kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul“Penerapan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fiqih dalam Pembelajaran Shalat Fardhu siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun 2015/2016” ditulis oleh Arfan Fahrudy, NIM. 3211113042 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Shalat fardu, MTs Al-Huda Bandung Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingya ibadah shalat bagi umat Islam. Karena shalat merupakan tiang agama dan merupakan amalan yang pertama kali dihisab dihari kiamat nanti. Untuk itu perlu diajarkan kepada siswa bagaimana tata cara shalat fardhu yang benar. Di dalam sebuah proses pembelajaran tidak ada suatu metode yang dianggap paling baik diantara metode-metode yang lain. Seperti mata pelajaran fiqih yang sedikit banyak terdapat materi-materi tentang hukum dalam Islam, sehingga merupakan materi yang sangat penting untuk menjadi pegangan bagi siswa dimasa mendatang dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu dibutuhkan metode yang cocok dengan pembelajaran shalat di kelas, metode yang dirasa tepat digunakan di MTs Al-Huda Bandung dalam pelajaran fiqih adalah metode demonstrasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi mata pembelajaran fiqih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat fardhu siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi mata pelajaran fiqih di MTs Al-Huda Bandung Tulungaung. (2) Untuk mengetahui efektivitasnya metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat fardhu siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dan penelitian, penulis dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam meningkatkan ketrampilan shalat fardhu khususnya dengan metode demonstrasi, untuk diterapkan di seluruh kelas VII bagi para guru Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulunggagung, Sebagai rujukan pendidik dalam mengelola mata pelajaran fiqih khususnya dalam pembelajaran sahalat fardhu. bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih adalah dengan persiapan: mempersiapkan RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, merumuskan tujuan yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat peraga atau media yang diperlukan, mengatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Dilanjutkan dengan penerapanya: Guru menunjuk salah satu siswa untuk maju di depan kelas untuk mempergakan setiap gerakan shalat disertai penjelasan singkat dari guru, selanjutnya guru menunjuk dua siswa untuk mempraktekan langsung gerakan shalat disertai bacaannya, sedangkan teman yang lain mengamatinya. Guru memberikan pertanyaan terkait dengan shalat. Guru memberikan kesempatan kepada semua siswa melakukan shalat subuh secara berjamaah dengan membaca bacaannya secara keras, di samping itu guru mengamati dan memberikan arahan kepada siswa yang belum lancar dalam gerakan dan bacaannya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan kesimpulan terkait materi yang diajarkan hari ini. Faktor pendukung dan hambatan, faktor pendukungnya sudah tersedianya fasilitas yang memadai untuk mempraktekan demonstrsi seperti, musholla, tempat wudhu, peralatan shalat, VCD, LCD, alat-alat peragaan seperti boneka. Hambatanya, waktu yang kurang lama dan latar belakang anak didik yang berbeda. (2) efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat fardhu siswa kelas VII. Guru dapat secara langsung mengetahui siswa yang belum lancar dalam shalat, selanjutnya guru memberikan arahan terkait bacaan dan gerakan yang benar, siswa dapat mudah menerima materi yang disampaikan, siswa dapat langsung mempraktekan yang didemonstrasikan, siswa menjadi lebih mengerti dan paham tentang gerakan shalat dan bacaannya yang benar, suasana di dalam kelas menjadi aktif dengan adanya timbal balik antara guru dan siswa, siswa merasa senang menggunakan metode demonstrasi ini dalam pembelajaran. Di lihat juga dari hasil penilaian rata-rata siswa kelas VIIc ini rata-rata baik di atas KKM, karena siswa kelas VII c ini anaknya cerdas dan suka aktuf bertanya ketika guru menyampaikan materi. Dengan demikian metode demonstrasi ini sangat efevektif digunakan dalam pembelajaran shalat fardhu di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 321113042 ARFAN FAHRUDY |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 07:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4631 |
Actions (login required)
View Item |