STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

KHARISMA SEKAR ANDINI, 12201193258 (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Andini, Kharisma Sekar. 2023. Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 8 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi; Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok, hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar dirancang dan dijalankan secara profesional. Setiap kegiatan belajar mengajar selalu melibatkan dua pelaku aktif, yaitu guru dan peserta didik. Rendahnya motivasi belajar peserta didik disebabkan kurangnya strategi guru dalam penyampaian materi pelajaran sehingga menimbulkan komunikasi yang kurang serta guru hanya mengejar target materi bukan memotivasi peserta didik agar aktif dalam belajar. Rendahnya motivasi dalam belajar juga dapat disebabkan strategi yang dipakai dalam pembelajaran masih didominasi oleh keterbatasan strategi yang dipakai, yang akhirnya menyebabkan suasana belajar menjadi kurang aktif. Untuk itu seorang guru perlu menciptakan suasana belajar yang lebih banyak melibatkan peserta didik agar motivasi belajar peserta didik dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik di MTsN 8 Tulungagung, (2) mendeskripsikan strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik peserta didik di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah guru Aqidah Akhlak kelas IX MTsN 8 Tulungagung, agar nantinya memperoleh data yang sesuai, maka peneliti sebagai instrument penelitian dalam mengetahui dan mencari data di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik adalah dengan pemberian tugas dan pelaksanaan ulangan kepada peserta didik, pemberian nilai atau angka, pemberian reward hadiah kepada peserta didik, pemberian reward berupa pujian kepada peserta didik, dan pemberian hukuman/punishment kepada peserta didik. (2) Strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik peserta didik yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab, guru menerapkan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dengan mengajak peserta didik belajar di luar kelas, guru menerapkan metode pembelajaran diskusi, guru membangun kerjasama dengan orang tua peserta didik, menggunakan metode pembelajaran modelling dan bercerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193258 KHARISMA SEKAR ANDINI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:36
Last Modified: 23 Jul 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46330

Actions (login required)

View Item View Item