‘AINUN NISAIL ‘AZIZAH, 1880512220004 (2024) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTs DARUSSALAM TANJUNGANOM NGANJUK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Darussalam Tanjunganom Nganjuk” ditulis oleh ‘Ainun Nisail ‘Azizah, NIM.1880512220004, dengan pembimbing Dr.Musrikah, S.Pd.I, M.Pd dan Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Representasi Matematis, AQ, Pelevelan Representasi Kemampuan representasi merupakan kemampuan dalam mengkode, mengubah dan menggunakan repesentasi matematis untuk mencapai suatu solusi, memilih dan merancang representasi untuk menangkap situasi masalah atau menyajikan hasil kerja seseorang. Pada penelitian ini terdapat 3 indikator dalam representasi yakni reoresentasi simbolik, representasi visual dan representasi verbal. Akan tetapi hal tersebut belum mampu muncul seluruhnya pada penelitian ini. Pada pembelajaran matematika siswa jarang sekali diberikan pemahaman oleh guru bahwa penyelesaian masalah tidak selau menggunakan prosedur matematika, dapat menggunakan visual berupa gambar, atau menggunakan verbal dengan bahasa baku yang ditulis dengan runtut. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kemampuan representasi matematis siswa pada kategori Climbers, 2) menganalisis kemampuan representasi matematis siswa pada kategori Campers, 3) menganalisis kemampuan representasi matematis siswa pada kategori Quiiters. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Subjek yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak 6 dengan pembagian 2 siswa pada kategori Climbesr, 2 siswa pada kategori Campers, dan 2 siswa pada kategori Quiiters. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa pada kategori Climbers mampu memunculkan representasi simbolik dan visual dan pada tahap pelevelan representasi berada pada tahap 2, bahwa subjek mampu merepresentasikan jawaban lebih dari satu dan salah satu jawaban subjek terindikasi menggunakan penalaran pseudo, 2) siswa pada kategori Campers mampu memunculkan representasi simbolik dan visual dan pada tahap pelevelan representasi berada pada tahap 2, bahwa subjek mampu merepresentasikan jawaban lebih dari satu dan salah satu jawaban subjek terindikasi menggunakan penalaran pseudo, 3) siswa pada kategori Quiiters mampu memunculkan representasi simbolik dan pada tahap pelevelan representasi berada pada tahap 1, bahwa subjek belun mampu merepresentasikan jawaban lebih dari satu dan jawaban kedua subjek terindikasi menggunakan penalaran pseudo.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220004 'AINUN NISAIL 'AZIZAH |
Date Deposited: | 29 May 2024 06:41 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46350 |
Actions (login required)
View Item |