BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KECERDASAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII DI MTsN 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

CHANIF NURUL AFIDAH, 126204202083 (2024) BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KECERDASAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII DI MTsN 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Berpikir Kritis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) Berdasarkan Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024”, ini ditulis oleh Chanif Nurul Afidah, NIM.126204202083, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.Sutopo M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, SPLDV, Multiple Intelligences Siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika, memerlukan pemikiran yang kritis untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajarannya. Multiple Intelligences merupakan sebuah teori kecerdasan yang dicetuskan oleh Howard Gardner pada tahun 1983. Sehingga dengan adanya Multiple Intelligences untuk mengidentifikasi kecerdasan siswa dan berpikir kritis adalah bagian dari kecerdasan. Pada penelitian ini diambil tiga tipe kecerdasan yang berkaitan dengan berpikir kritis diantaranya Logis Matematis, Verbal-Linguistik dan Interpersonal. Materi SPLDV merupakan materi yang merubah permasalahan nyata ke dalam bentuk matematika sehingga berpikir kritis sangat diperlukan dalam hal ini yang tentu saja relevan dengan Multiple Intelligences. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan berfikir kritis materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) berdasarkan kecerdasan multiple intelligences siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan proses penerapan berfikir kritis materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) berdasarkan kecerdasan multiple intelligences siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan evaluasi berfikir kritis materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) berdasarkan kecerdasan multiple intelligences siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Data yang diperoleh berupa data tes tulis, wawancara mendalam dan observasi partisipasif. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain soal tes untuk melihat berpikir kritis siswa yang telah disesuaikan dengan indikator berpikir kritis dan non tes berupa wawancara. Tempat penelitian di MTsN 6 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada aspek perencanaan berpikir ditemukan bagian menganalisis dan mensintesis diantara macan-macam multiple intelligences: Logis-matematis yaitu mampu mengingat, memisahkan dengan simbol menjabarkan dan menerjemahkan dengan jawaban yang lebih tersusun. Verbal-linguistik yaitu mampu menangkap permasalahan dalam persoalan, dapat membaca dengan baik, mengingat apa yang harus diketahui. Interpersonal yaitu memahami persoalan dan menangkap permasalahan dalam persoalan. (2) Pada aspek peroses penerapan berpikir ditemukan bagian pemecahan diantara macan-macam multiple intelligences: Logis-matematis yaitu dapat melakukan tahap penyelesaian matematika. Verbal-linguistik yaitu dapat melakukan tahap penyelesaian matematika dengan Bahasa yang mudah dipahami. Interpersonal yaitu dapat melakukan tahap penyelesaian matematika serta dapat meletakkan permisalan dengan tepat. (3) Pada aspek evaluasi berpikir ditemukan bagian adalah menyimpulkan dan mengevaluasi diantara macan-macam multiple intelligences: Logis-matematis yaitu dapat membuat kesimpulan dengan tepat dan dapat menyelesaikan permasalahan matematika. Verbal-linguistik yaitu dapat membuat suatu kesimpulan dengan tepat yang dilihat segi bahasa tata kalimat yang digunakan kata demi kata lebih tersusun dan sesuai.Interpersonal yaitu suatu kesimpulan yang tepat serta dapat memadukan dalam merancang suatu jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202083 CHANIF NURUL AFIDAH
Date Deposited: 29 May 2024 06:56
Last Modified: 29 May 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46359

Actions (login required)

View Item View Item