MUHAMAD NUR FAIZIN, 126204201054 (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BIMBINGAN OLIMPIADE SMAN 1 SRENGAT BLITAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bimbingan Olimpiade SMAN 1 Srengat Blitar dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient” ini ditulis oleh Muhamad Nur Faizin, NIM. 126204201054, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Olimpiade Matematika, Adversity Quotient. Pemecahan masalah merupakan proses untuk mengatasi kesulitan- kesulitan yang dihadapi dalam usaha untuk mencari jalan keluar guna mencapai suatu tujuan yang tidak dengan segera dapat dicapai. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan menyelesaikan permasalahan non-rutin yang biasanya berhubungan dengan masalah dalam kehidupan nyata. Salah satu permasalahan non-rutin yang dalam pembelajarannya lebih menekankan pada proses dan strategi adalah soal olimpiade matematika. Pada umumnya soal olimpiade matematika bersifat non-rutin dan menekankan pada pemecahan masalah. Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa bimbingan olimpiade dengan tipe AQ Quitter, Camper, dan Climber. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dilaksanakan di SMAN 1 Srengat Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian angket untuk memperoleh data tipe AQ siswa, tes pemecahan masalah pada soal olimpiade matematika, dan wawancara untuk mendalami kemampuan pemecahan masalah subjek yang terdiri dari 2 siswa Quitter, 2 siswa Camper, dan 2 siswa Climber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan AQ Quitter sangat baik dalam memahami masalah, cukup baik dalam merencanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali masalah, namun kurang baik dalam melaksanakan pemecahan masalah; (2) siswa dengan AQ Camper sangat baik dalam memahami masalah, cukup baik dalam merencanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali masalah, namun cenderung kurang baik dalam melaksanakan pemecahan masalah; dan (3) siswa dengan AQ Climber sangat baik dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali masalah, serta cukup baik dalam melaksanakan pemecahan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201054 MUHAMAD NUR FAIZIN |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:07 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46361 |
Actions (login required)
View Item |