DIANA ROSIYATI, 126204201019 (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PESERTA OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA MATERI GEOMETRI DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (604kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Peserta Olimpiade Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Materi Geometri di MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Diana Rosiyati, NIM 126204201019, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Pemecahan Masalah Geometri, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa khususnya peserta olimpiade matematika yang mengalami kesulitan dan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika. Kesalahan yang dialami siswa menunjukkan bahwa siswa belum mampu secara utuh dalam memecahkan masalah matematika. Perbedaan individual siswa mempunyai metode yang berbeda dalam menerima pelajaran serta mencerna data yang sudah diberikan oleh guru. Oleh karena itu, untuk mengetahui metode yang diperlukan oleh setiap siswa agar dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan. Gaya kognitif sangat erat kaitannya dengan bagaimana cara menerima dan memproses segala informasi khususnya dalam pembelajaran. Berbagai kecenderungan dalam belajar mereka dapat diidentifikasikan dan kemudian diklasifikasi apakah siswa tersebut termasuk gaya kognitif field independent (berpikir cenderung memiliki kemandirian pandangan) ataukah field dependent (ketergantungan pandangan). Tujuan penulisan skripsi ini adalah Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta olimpiade matematika MAN 2 Jombang materi geometri ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan kognitif field independent. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti mengambil subjek penelitian 4 subjek dengan 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu GEFT, tes pemecahan masalah geometri, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas uji, kekuatan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa peserta Olimpiade dengan gaya kognitif Field dependent (FD) memahami masalah yang diberikan secara langsung dan dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta dapat menjelaskan masalah dengan bahasa dan kalimat sendiri. Secara keseluruhan terlihat bahwa siswa dengan gaya kognitif FD kurang dalam mengingat kembali materi yang disampaikan oleh guru (2) Siswa peserta Olimpiade dengan gaya kognitif field independent (FI) memahami masalah yang diberikan secara langsung dan dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta dapat menjelaskan masalah dengan bahasa dan kalimat sendiri. Secara keseluruhan terlihat bahwa siswa dengan gaya kognitif FI lebih cepat mengingat kembali materi yang telah disampaikan oleh guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201019 DIANA ROSIYATI |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:24 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46363 |
Actions (login required)
View Item |