ALFISTA YULIAN SARI, 12201193323 (2023) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI ASWAJA DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMP AL HIKMAH MLATHEN KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (956kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (236kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai Aswaja dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMP Al Hikmah Mlathen Kauman Tulungagung” ditulis oleh Alfista Yulian Sari, NIM 12201193323, Pembimbing: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: implementasi nilai aswaja, akhlak Membentuk peserta didik yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai akhlakul karimah dalam dirinya merupakan salah satu tujuan dari adanya lembaga pendidikan. Ditengah banyaknya kasus intoleran yang terjadi menunjukkan bahwa terkait dengan pembentukan akhak pada siswa merupakan suatu hal yang harus terus untuk digalakkan. Kemampuan penyikapan akan sebuah perbedaan perlu untuk dilatih dan dibina secara berkelanjutan. Selain itu, kemampuan untuk menempatkan diri dalam memandang realitas sosial yang ada juga merupakan softskill dan sikap yang perlu ada di dalam diri siswa sebagai generasi penerus bangsa. Ajaran nilai-nilai ahlussunah wal jamaah merupakan salah satu solusi dalam upaya pembinaan akhlak peserta didik yang mana didalamnya mengajarkan untuk memiliki metode berfikir keagamaan yang mencakup semua aspek kehidupan yang berlandaskan atas dasar-dasar moderasi, menjaga keseimbangan dan toleransi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, peneliti telah melakukan penelitian tentang implementasi nilai-nilai aswaja dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Kauman Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil pertanyaan penelitian yang meliputi: 1) Bagaimana implementasi nilai tawasuth dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen Kauman Tulungagung; 2) Bagaimana implementasi nilai tawazun dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen Kauman Tulungagung; 3) Bagaimana implementasi nilai tasamuh dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen Kauman Tulungagung; dan 4) Bagaimana implementasi nilai i’tidal dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen Kauman Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi nilai tawasuth dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada siswa mengenai aswaja dan mengenai nilai-nilai yang diajarkan aswaja sebagai bekal menjalani kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kemudian juga melalui pelaksanaan kegiatan rutin dengan tujuan membentuk pembiasaan kepada siswa. Beberapa kegiatan rutin yang dilakukan adalah ziarah makam, sholawatan, dan budaya tawashul di dalam pembelajaran. Selian itu, untuk menguatkan implementasi nilai aswaja pada diri siswa, Bapak Ibu Guru juga memberikan keteladanan kepada siswa dalam berbagai kesempatan. 2) Implementasi nilai tawazun dalam membetuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen dilakukan dengan adanya pengajaran yang seimbang antara keilmuan agama dan keilmuan umum juga melalui metode pembelajaran pembagian kelompok dan kegiatan gotong royong dalam kegiatan sekola untuk membentuk siswa menjadi anak yang memiliki sikap seimbang antara kepetingan pribadi dan golongan. 3) Implementasi nilai tasamuh dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen dilakukan dengan cara keteladanan yang dicontohkan oleh Bapak Ibu Guru juga nasehat dan motivasi yang disampaikan kepada siswa untuk senantiasa bersikap toleran juga dilakukan dengan cara membangun kedekatan emosional antar siswa sehingga terbentuk perilaku toleransi pada siswa yang meliputi toleransi terhadap perbedaan pendapat, toleransi terhadap perbedaan bahasa, dan toleransi terhadap perbedaan kemampuan. 4) Implementasi nilai i’tidal dalam membentuk akhlak siswa di SMP Al Hikmah Mlathen dilakukan dengan cara pembiasaan kepada para siswa dan juga keteladanan dan Bapak/Ibu Guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193323 ALFISTA YULIAN SARI |
Date Deposited: | 30 May 2024 07:21 |
Last Modified: | 30 May 2024 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46412 |
Actions (login required)
View Item |