PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 NGANTRU

DEWI KHARISMAWATI, 2814123059 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (893kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Kharismawati, 2814123059, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Berbasis, Masalah, Hasil, Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sistem persamaan linier satu variabel, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat peserta didik bergairah kembali dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas VII SMP N 2 Ngantru. Adapun yang menjadi tujuan adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok sistem persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok sistem persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, karena dalam penelitian ini dibutuhkan dua kelas yang mempunyai kemampuan homogen, dan terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis independent sample t-test, teknik analisis independent sample t-test digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok sistem persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru. Hasil analisa data diketahui ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi pokok sistem persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngantru, berdasarkan nilai t_(hitung )sebesar 2,15 > t_(tabel )sebesar 1,679 pada taraf signifikan 5%. Adapun besarnya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier satu variabel kelas VII SMP N 2 Ngantru adalah 0,649. Menurut tabel interpretasi nilai Cohen’s persentasenya sebesar 73% dan tergolong medium (sedang). Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123059 DEWI KHARISMAWATI
Date Deposited: 27 Feb 2017 02:47
Last Modified: 27 Feb 2017 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item