ALVINA INTAN AGUSTIN, 126204202075 (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (743kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Agustin, Alvina Intan. 2024. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills (HOTS), Open Ended Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) tingkat SMP yang rendah menyebabkan diperlukannya model pembelajaran yang tepat menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Pembelajaran dengan pendekatan Open Ended dapat menjadi pilihan karena dianggap efektif untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran, terutama dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. HOTS merupakan peningkatan kemampuan pemahaman dan penguasaan peserta didik atas materi pembelajaran agar peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif. Pendekatan Open Ended merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang dimulai dengan menyajikan suatu permasalahan kepada siswa dimana permasalahan tersebut memiliki metode penyelesaian lebih dari satu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa dalam materi himpunan kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. (2) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain preteset¬-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah dua kelas VII yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended, dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan pendekatan Open Ended efektif untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Berdasarkan uji N-gain pembelajaran dengan pendekatan Open Ended yang digunakan pada pembelajaran matematika materi himpunan untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung memiliki tingkat keefektifan sedang sebesar 6,123.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Himpunan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202075 ALVINA INTAN AGUSTIN |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 03:44 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46445 |
Actions (login required)
View Item |