PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

LUTHFI RIDLOTUN NA'IMAH, 126204201064 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Na’imah, Luthfi Ridlotun. 2024. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Gometri Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ibu Dr. Ummu Sholihah, S.Pd. M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes PISA pada tahun 2018, terdapat 71% siswa yang belum mencapai tingkat kompetensi minimum matematika. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai. Model Discovery Learning dapat digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Sebab, pada pembelajaran ini, siswa dituntut untuk menemukan dan mengorganisasikan pengetahuannya untuk memahami materi, sehingga dapat membantu siswa untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Post-Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen (31 siswa) dan siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol (31 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. 2) Besar pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung sebesar 0.5997, yang artinya mode model pembelajaran tersebut mempunyai pengaruh yang besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201064 LUTHFI RIDLOTUN NA'IMAH
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:55
Last Modified: 03 Jun 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46446

Actions (login required)

View Item View Item