PROSES BERPIKIR VISUAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF IMPULSIF DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

MIFDATUL KHUSNA, 126204201052 (2024) PROSES BERPIKIR VISUAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF IMPULSIF DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Khusna, Mifdatul. 2024. Proses Berpikir Visual Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Impulsif Di MTsN 5 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Berpikir Visual, Gaya Kognitif Reflektif Impulsif, Pemecahan Masalah. Berpikir visual memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika dan pemecahan masalah matematika, salah satunya adalah masalah geometri pada materi bangun ruang sisi datar. Berpikir visual merupakan kemampuan untuk memahami, menafsirkan dan mengubah suatu informasi ke dalam bentuk visual, interaksi antara melihat, mengenali, membayangkan, serta menggambarkan atau memperlihatkan sehingga dapat divisualisasikan ke dalam bentuk gambar, grafik, sketsa, diagram, dll, untuk mempermudah dalam memahami suatu informasi. Sehingga dapat menyebabkan perbedaan proses berpikir visual antara siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses berpikir visual siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah geometri di MTsN 5 Tulungagung. (2) mendeskripsikan proses berpikir visual siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah geometri di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII B MTsN 5 Tulungagung. Pengambilan subjek ini menggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figures Tes) dimana terdapat subjek 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) proses berpikir visual siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah geometri mampu memenuhi semua tahapan indikator berpikir visual yaitu melihat, mengenali, membayangkan, dan memperlihatkan. (2) Proses berpikir visual siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah geometri mampu memenuhi tiga tahapan indikator berpikir visual yakni melihat, membayangkan, dan memperlihatkan, belum memenuhi indikator mengenali. Siswa impulsif dalam menjawab membutuhkan waktu lebih cepat dan kurang teliti dalam menjawab sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung kurang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201052 MIFDATUL KHUSNA
Date Deposited: 31 May 2024 08:48
Last Modified: 31 May 2024 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46449

Actions (login required)

View Item View Item