UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI PROBLEMATIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI UPT SMPN 3 SRENGAT BLITAR

AMALIA RIZKI LAILATUL KHILWA, 126201202126 (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI PROBLEMATIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI UPT SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (642kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Problematika Sosial Peserta Didik Kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Amalia Rizki Lailatul Khilwa, NIM. 126201202126, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Upaya, Guru Prndidikan Agama Islam, Problematika Sosial Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan yang diakibatkan oleh faktor keluarga, pergaulan, dan arus globalisasi berupa media masa yaitu merebaknya problematika sosial berupa kenakalan remaja seperti tidak disiplin saat pembelajaran, kemerosotan moral, bullying antar siswa sekolah yang menjadi perhatian khusus di masyarakat seiring dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya penanggulangan problematika sosial kepada peserta didik di lembaga pendidikan. Sehingga peserta didik dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berkarakter atau beretika yang baik dengan teman sebaya atau dengan orang yang lebih tua. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk problematika sosial yang terjadi pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (3) Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk problematika sosial yang terjadi pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial pada peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi pimpinan lembaga (Kepala Sekolah), hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan, acuan, dan masukan bagi Kepala Sekolah dalam mengambil kebijakan untuk menanggulangi problematika sosial peserta didik dan untuk meningkatkan karakter dan etika peserta didik dari problematika sosial berupa penyimpangan yang terjadi. Bagi pendidik (guru) hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dan referensi bagi guru dalam menanggulangi problematika sosial berupa penyimpangan peserta didik yang terjadi. Bagi peserta didik, penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan sumber pengetahuan/referensi tentang penanggulangan problematika sosial. Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai penerapan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan dan pengalaman. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang dan bahan pengembangan perancangan penelitian dan menambah wawasan bagi praktisi pendidikan berkaitan topik diatas. Bagi Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber ilmu, menambah referensi dan sumbangan pemikiran untuk tercapainya tujuan pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang diteliti adalah UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Data yang dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan keterpercayaan berupa (perpanjangan waktu penelitian, menmbah referensi, diskusi dengan teman sejawat, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, teknik, dan waktu), keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Tahap-tahap penelitiannya berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap laporan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk-bentuk problematika sosial yang terjadi pada peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 3 Srengat Blitar berupa penyimpangan pelanggaran ringan seperti tidak disiplin saat jam pelajaran seperti membuat gaduh di kelas, berkata kotor, pelanggaran tata tertib seperti memakai atribut yang tidak sesuai, memakai make up atau perhiasan, bolos saat jam pelajaran, tidak hadir tanpa surat keterangan, buang sampah sembarangan, dan terlambat sekolah. Berupa penyimpangan pelanggaran sedang berupa moncontek, tidur saat jam pembelajaran, berkelahi, dan kemerosotan moral berupa kurangnya minat baca tulis Al-Quran. Berupa penyimpangan pelanggaran berat seperti bullying, dan membawa Hp ke sekolah. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 3 Srengat Blitar yaitu dengan mengadakan kerja sama dengan guru maple dan memberi fasilitas penunjang, kerja sama dengan pihak berwenang, mengadakan program tetap seperti (5 S), mengadakan program keagamaan, dan program ekstrakulikuler dan intrakulikuler, program disiplin. (3) Solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi problematika sosial peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 3 Srengat Blitar yaitu dengan penyelesaian secara preventif berupa kegiatan sosialisasi, keagamaan, muatan lokal, dan pendidikan karakter. Penyelesaian penanggulangan represif berupa teguran, sanksi, dan hukuman, dan penyelesaian secara kuratif berupa rehabilitas dengan memberikan konseling dalam bentuk pengobatan dengan memberi sanksi agar terciptanya penegakan disiplin, pemanggilan orang tua berupa kolaborasi, skorsing, drop out, dan lain-lain agar peserta didik jera.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202126 AMALIA RIZKI LAILATUL KHILWA
Date Deposited: 31 May 2024 09:35
Last Modified: 31 May 2024 09:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46465

Actions (login required)

View Item View Item