FIYA HABIBATURROHMAH, 1880512220008 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF VISUALIZER-VERBALIZER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (610kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (911kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Kemampuan Berpikir Visual Siswa dengan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung” ini di tulis oleh Fiya Habibaturrohmah, dengan promotor Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si dan Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir visual, visualizer-verbalizer,CTL. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih merasa kesulitan ketika mengaplikasikan suatu permasalahan kedalam bentuk visual pada materi bangun ruang sisi datar. Gaya kognitif yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi kemampuan berpikir visualnya. Gaya kognitif yang berkaitan dengan penerimaan informasi secara visual dan verbal yaitu visualizer-verbalizer. Hal ini diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir visual siswa salah satunya yaitu Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir visual siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung. 2) Mendeskripsikan kemampuan berfikir visual siswa dengan gaya kognitif visualizer pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir visual siswa dengan gaya kognitif verbalizer pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed method jenis sequential explanatory design yaitu penelitian kuantitatif terlebih dahulu dilanjutkan kualitatif.Teknik pengambilan data secara kuantitatif dengan sampel yang diperoleh sebesar 64 siswa menggunakan tes, sedangkan analisis data dengan uji prasyarat meliputi uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis yaitu uji independent samples t-test.Teknik pengumpulan data secara kualitatif menggunakan angket, tes, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah dari Creswell. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir visual siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung dengan besar pengaruhnya 100%. 2) Kemampuan berpikir visual siswa dengan gaya kognitif visualizer dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung mampu mencapai semua indikator kemampuan berfikir visual yaitu looking, seeing, imagining, showing & telling. 3) Kemampuan berpikir visual siswa dengan gaya kognitif verbalizer dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung mampu mencapai 3 indikator kemampuan berpikir visual yaitu looking, seeing, showing & telling.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Matematika Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220008 FIYA HABIBATURROHMAH |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 01:43 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46516 |
Actions (login required)
View Item |