KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH IMAM AL GHOZALI TULUNGAGUNG

EVI CICA NURCAHYA, 126204203156 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH IMAM AL GHOZALI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (418kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Imam Al Ghozali Tulungagung” ini ditulis oleh Evi Cica Nurcahya, NIM 126204203156. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Matematika terbentuk sebagai pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Manusia hidup selalu berdampingan dengan masalah yang kompleks dan perlu adanya sikap kritis dalam menghadapinya dan mampu memprediksi suatu kejadian yang terjadi, serta mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan penalarannya yang baik. Oleh karena itu siswa dituntut untuk memiliki kemampuan literasi matematis yang baik, akan tetapi kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah matematika masih kurang dikerahkan secara maksimal untuk itu perlu adanya kajian lebih dalam terhadap kemampuan siswa secara individual sehingga dapat diuraikan secara terperinci kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah materi teorema pythagoras kelas VIII MTs Imam Al Ghozali Tulungagung.Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas VIII MTs Imam Al Ghozali Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 siswa berkemampuan literasi matematis tinggi, 2 siswa berkemampuan literasi matematis sedang dan 2 siswa berkemampuan literasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi dan hasil wawancara. Teknik Analisa data pada penelitian ini yaitu tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah mampu memenuhi seluruh indikator dalam proses literasi yaitu merumuskan solusi, menggunakan, menafsirkan dan mengevaluais solusi dalam menyelesaikan masalah. 2) Kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah mampu memenuhi 3 indikator dalam proses literasi yaitu merumuskan solusi, menggunakan, menafsirkan masalah. 3) Kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah hanya mampu memenuhi satu indikator dalam proses literasi yaitu menafsirkan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203156 EVI CICA NURCAHYA
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:38
Last Modified: 05 Jun 2024 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46557

Actions (login required)

View Item View Item