STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung)

DIAN MEI YUNARSIH, 126207203084 (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Meningkatkan, Disiplin Kerja Guru Penelitian memiliki tujuan mengetahui strategi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung dalam meningkatkan disiplin kerja guru. Dalam meningkatkan kualitas sebuah lembaga pendidikan, strategi Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor paling penting yang perlu diperhatikan, strategi kepala Sekolah berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan. Strategi Kepala Sekolah dibutuhkan oleh setiap orang khususnya tenaga pendidik dalam meningkatkan disiplin kerja guru. Guru yang mempunyai tingkat disiplin kerja tinggi, akan mempunyai kontribusi yang tinggi pada kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?, 2) Bagaimanakah implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?, 3) Bagaimanakah evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?. Dengan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, 2) Untuk menganalisis implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, 3) Untuk menganalisis evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan informasi secara deskriptif dengan kata-kata, bukan melalui data numerik. Metode pengumpulan data termasuk observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data dengan cara derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), confirmability, dan triangulasi. Penelitian ini membeikan hasil berupa 1) Formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung , Kepala Sekolah sebagai leader memiliki formulasi dalam pemahaman mengeni strategi serta disiplin kerja guru. Perencanaan strategi Kepala Sekolah untuk meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung ini berupa pengadaan rapat yang meliputi pemilihan strategi, penyiapan strategi alternatif, dan penetapan strategi, dengan tujuan untuk menetapkan visi dan misi sekolah, merumuskan strategi, menetapkan tujuan yang akan dicapai, serta menetapkan standar kebijakan yang akan dijalankan. 2) Implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, Kepala Sekolah melakukan pemberian motivasi untuk meningkatkan disiplin kerja guru, Kepala Sekolah berperilaku profesional, dan Kepala Sekolah melakukanxx pendekatan-pendekatan seperti pendekatan edukatif, pendekatan persuasif, pendekatan humanisme, dan pendekatan keteladanan. 3) Evaluasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, Kepala Sekolah melakukan evaluasi yang dilakukan dengan pengadaan supervsi, penentuan skala prioritas, serta melihat dari hasil rapor mutu pendidikan. Evaluasi strategi Kepala Sekolah meliputi mereview, menelaah, mengambil tindakan perbaikan, mengukur jalannya kinerja, hingga melakukan perbaikan jika terjadi ketidaksesuaian antara implementasi strategi dengan dengan formulasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203084 DIAN MEI YUNARSIH
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:37
Last Modified: 04 Jun 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46566

Actions (login required)

View Item View Item