PERAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN HUKUM PERKARA CERAI GUGAT (Studi Kasus di Pengadilan Agama Jombang)

RACHMATUNNISA’ AZZAHRA, 126102202128 (2024) PERAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN HUKUM PERKARA CERAI GUGAT (Studi Kasus di Pengadilan Agama Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Kata Kunci: Posbakum, Pelayanan Hukum, Cerai Gugat Masyarakat yang tidak mampu ekonomi dan berpengetahuan rendah akan hukum cenderung kesulitan pada saat mereka terjerat akan masalah hukum. Mereka yang tidak mampu tersebut tentunya juga sulit menyewa jasa pengacara untuk membantu mereka, apalagi ditambah dengan regulasi pemerintah yang dari tahun ke tahunnya berubah seperti pada perkara cerai gugat. Sehingga dalam hal ini pemerintah, memfasilitasi masyarakatnya yang tidak mampu tersebut dengan menghadirkan pos bantuan hukum untuk melayani masyarakat dalam memperoleh pelayanan hukum secara Cuma-Cuma di Pengadilan Agama Jombang. Rumusan Masalah: 1)Bagaimana Peran Posbakum dalam Memberikan Layanan Bantuan Hukum Perkara Cerai Gugat di Pengadilan Agama Jombang?, 2)Bagaimana Efektifitas Peran Posbakum dalam Memberikan Layanan Bantuan Hukum Perkara Cerai Gugat di Pengadilan Agama Jombang?, 3)Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Posbakum dalam Memberikan Layanan Bantuan Hukum Perkara Cerai Gugat di Pengadilan Agama Jombang. Penelitian ini dilakukan pada Pos Bantuan Hukum Di Pengadilan Agama Jombang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan analisa data deskriptif yang bersumber dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan cara wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Posbakum di Pengadilan Agama Jombang berperan memberikan layanan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 2) Pemberian Layanan Hukum oleh posbakum dinilai cukup efektif dalam membantu masyarakat dalam mengajukan gugatannya hanya saja pemberian bantuan hukum tersebut tidak sampai kepada pendampingan di persidangan. 3) Faktor pendukung layanan posbakum diantaranya tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di Pengadilan Agama Jombang, adanya aturan regulasi yang cukup baik tentang pemberian bantuan hukum, serta adanya website Pesantren yang dapat diakses oleh masyarakat dimana saja. Dalam memberikan layanan bantuan hukum posbakum di Pengadilan Agama Jombang juga mempunyai hambatan yakni pemahaman tentang hukum yang rendah, tidak lengkapnya dokumen-dokumen yang dibutuhkan, domisili tergugat yang tidak diketahui oleh penggugat, serta letak geografis Posbakum Pengadilan Agama jombang yang kurang bisa diakses masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202128 RACHMATUNNISA' AZZAHRA
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:50
Last Modified: 07 Jun 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46582

Actions (login required)

View Item View Item