ROSYTA INDIRA ASTUTI, 126205203209 (2024) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (611kB) |
||
Text
ABSTRAK..pdf Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI-halaman.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Membangun Karakter Religius Siswa SDIT AL-ASROR Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” yang ditulis oleh Rosyta Indira Astuti dengan NIM 126205203209, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.l. Kata Kunci: Peran Guru, Membangun Karakter Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penurunan kesadaran siswa dalam berkarakter religius. Cara mengatasi penurunan karakter religius tersebut dengan guru melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik setiap hari, dan guru menjalankan tugas dan perannya dengan sebaik mungkin. Peran yang dilakukan guru tersebut diharapkan mampu mengatasi penurunan kesadaran siswa dalam berkarakter religius. Fokus penelitian ini adalah peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, dan peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter religius peserta didik di kelas V SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing dan juga peran guru sebagai motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus, sumber data yang digunakan melalui tiga unsur, yakni: person, place dan paper, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. dalam menganalisis data. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) peran guru sebagai pendidik dalam membangun karakter religius peserta didik di kelas V SDIT AL- ASROR Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dilakukan dengan berprinsip terhadap pedoman digugu lan ditiru. Guru juga mencontohkan Tindakan yang baik seperti sholat jamaah tepat waktu, disiplin dalam berpakaian serta datang tepat waktu ketika ke sekolah dan memberikan materi pendukung seperti Pendidikan agama islam. (2) peran guru sebagai pembimbing dalam membangun karakter religius peserta didik di kelas V SDIT AL- ASROR Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dilakukan dengan mengupayakan berbagai kegiatan keagamaan, pembiasaan-pembiasaan dan kegiatan ekstrakulikuler dalam bentuk shalawat, tilawah dan lain-lain. Selain itu juga mengupayakan kegiatan peringakatan hari besar islam seperti hari santri. (3) peran guru sebagai motivator dalam membangun karakter religius peserta didik di kelas V SDIT AL- ASROR Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dilakukan dengan cara memberikan motivasi berupa kata-kata mutiara, hikmah ketika melakukan kebaikan-kebaikan, serta pemberian apresiasi terhadap siswa seperti pujian dan penghargaan sederhana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203209 ROSYTA INDIRA ASTUTI |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 08:30 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 08:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46595 |
Actions (login required)
View Item |