INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER SENI BUDAYA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER ISLAMI DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

MAULANA AINUL HIKAM, 12201183446 (2024) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER SENI BUDAYA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER ISLAMI DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, pendidikan karakter yang dimiliki siswa perlahan mulai hilang dan menurunnya moral serta akhlak dalam masyarakat yang mengakibatkan terjadinya krisis jati diri dan karakter pada bangsa sehingga perlunya penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik guna membentuk kembali masyarakat yang berpegang teguh pada keagamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung?, 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui program ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung?, 3) Bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan karakter Islami melalui ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui proses internalisasi Pendidikan Agama Islam melalui ekstrakurikuler sni budaya di MTsN 8 Tulungagung, 2) untuk mengetahui apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diinternalisasikan melalui ekstra kurikuler seni budaya MTsN 8 Tulungagung, 3) untuk mengetahui bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter Islam melalui ekstra kurikuler seni budaya di MTsN 8 Tulingagung. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama islam melalui ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung dilakukan melalui beberapa cara diantaranya melalui, 1) pengajaran, keteladanan, nasihat dan perhatian. 2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui program ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung diantaranya yaitu nilai akhlak, akidah dan syari’ah. 3) Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan karakter Islami melalui ekstrakulikuler seni budaya di MTsN 8 Tulungagung dilakukan dengan beberapa agenda-agenda rutin sedikit banyak mempengaruhi aspek-aspek pada pribadi dan karakter siswa khusunya ditekankan pada religus, disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler seni budaya melalui seni Hadroh, Karawitan dan juga Pencak silat yang diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183446 MAULANA AINUL HIKAM
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:48
Last Modified: 04 Jun 2024 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46613

Actions (login required)

View Item View Item