PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KALIDAWIR

ALIEFIYA CHOIRUN NISSA, 126212201008 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kalidawir”, ini ditulis oleh Aliefiya Choirun Nissa, NIM. 126212201008, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Inquiry, Literasi Sains, Hasil Belajar. Pada proses pembelajaran kimia tingkat kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik cenderung rendah pada materi kesetimbangan kimia. Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang kerap kali dianggap sukar karena konsep yang termuat abstrak dan pemahaman konsepnya saling terkait. Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan suatu proses belajar mengajar, yaitu penggunaan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi hal tersebut, yaitu model pembelajaran guided inquiry. Model pembelajaran ini membuat peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan secara mandiri sehingga pemahaman konsep tertanam baik yang dapat melatih kemampuan literasi sains peserta didik serta mampu meningkatkan perolehan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen (eksperimen semu) tipe nonequivalent control only group design. Sampel yang digunakan peserta didik XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 dari populasi peserta didik XI MIPA SMAN 1 Kalidawir. Teknik sampling penelitian ini, yaitu puposive sampling dengan pertimbangan hasil homogenitas sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu tes pilihan ganda dan essai. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Teknik analisis data penelitian ini, yaitu uji T (independent sample t-test) dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. 3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided inquiry pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Kalidawir dengan nilai signifikansi literasi sains sebesar 0,000<0,05 dan hasil belajar sebesar 0,001<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201008 ALIEFIYA CHOIRUN NISSA
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:48
Last Modified: 05 Jun 2024 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46665

Actions (login required)

View Item View Item