FITROTUN NASROKAH, 188051222007 (2024) DEFRAGMENTING STRUKTUR KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII DI MTSN 3 TULUNGAGUNG DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Defragmenting Struktur Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Kelas VIII Di MTsN 3 Tulungagung Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa” ini ditulis oleh Fitrotun Nasrokah, NIM. 1880512220007 dengan pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd dan pembimbing II Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Defragmenting, Struktur Kognitif, Kecemasan Matematika Siswa Dalam menyelesaikan masalah matematika tidak hanya sekedar selesai dan benar namun diperlukan logika serta tahapan yang tepat dalam proses menyelesaikannya namun faktanya banyak siswa yang masih belum mampu untuk menyelesaikan tahapan dalam pemecahan masalah matematika mulai dari membaca masalah, memahami masalah, mentranformasi masalah, menganalisis serta menulis jawaban akhir. Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada masing-masing siswa tidak sama ada yang hanya pada bagian membaca masalah, ada yang hampir setiap tahapan penyelesaian masalah mengalami kendala hal ini bisa terjadi karena setiap siswa memiliki tingkat kecemasan yang berbeda. Kesalahan yang terjadi pada struktur kognitif siswa tersebut dapat diselesaikan dengan upaya defragmenting struktur kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mendiskripsikan proses defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV 2) Untuk mendiskripsikan proses defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV 3) Untuk mendeskripsikan proses defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, tes pemecahan masalah, wawancara, think aloud, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Creswell. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan metode ketekunan pengamat, triangulasi, diskusi teman sejawat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan rendah tidak terjadi atau tidak ada upaya defragmenting dikarenakan siswa tidak mengalami kesalahan dan masing-masing tahapan bisa dijawab dengan benar berikut dengan hasil wawancara yang sudah dilakukan tidak ada kendala sama sekali pada saat proses menyelesaikan masalah. 2) defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan sedang yaitu menggunakan upaya scaffolding dengan upaya tersebut siswa sudah bisa menjawab dengan benar dan menyadari kesalahan yang terjadi 3) defragmenting struktur kognitif siswa dengan tipe kecemasan tinggi yaitu menggunakan upaya keseluruhan metode mulai dari disequilibrasi, Conflict Cognitive dan scaffolding karena hampir semua tahapan dalam menyelesaikan masalah matematika siswa mengalami kesalahan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220007 FITROTUN NASROKAH |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:50 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46667 |
Actions (login required)
View Item |