ANI ISTIKOMAH, 126201202170 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ani Istikomah 2024.Skripsi yang berjudul Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Kota Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Seorang guru terutama Guru Sejarah Kebudayaan Islam harus memiliki berbagai macam strategi, agar siswa tidak mengalami kejenuhan belajar pada saat proses belajar. Strategi guru yang tepat akan berdampak pada keberhasilan belajar, selain itu siswa juga dapat belajar dengan maksimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam agar kejenuhan belajar dapat teratasi dengan baik.Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini (1) bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. 2) bagaimana penerapan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. 3) bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar.Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan pembahasan teman sejawat adapun sumber penelitian ini yakni, guru Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian tentang strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar, Yaitu: 1) Perencanaan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar yaitu mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran,mempersiapkan pembelajaran di luar kelas, mempersiapkan siswa mencari sendiri materi, memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dengan harapan mampu meningkatkan motivasi belajar, membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar, strateginya adalah memberikan perhatian maksimal kepada peserta didik, mengadakan ice breaking, melakukan istirahat beberapa saat, serta apabila muncul kejenuhan yang disebabkan oleh guru maka solusinya adalah memperbaiki cara mengajar. 2) Penerapan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar yaitu melaksanakan pembelajaran diluar kelas, melaksanakan siswa mencari sendiri materi, memmberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dengan harapan mampu meningkatkan motivasi belajar, membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar, strateginya adalah memberikan perhatian yang maksimal kepada peserta didik, mengadakan ice breaking, melakukan istirahat beberapa saat, apabila muncul kejenuhan yang disebabkan guru maka solusinya adalah memperbaiki cara mengajar. 3) Evaluasi strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar yaitu penerapan pembelajaran diluar kelas, penerapan siswa mencari sendiri materi pembelajaran, pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi, pemberian dorongan atau motivasi dan pemberian perhatian maksimal kepada siswa, pemberian ice breaking kepada siswa, pemberian istirahat beberapa saat serta guru tetap memberikan evaluasi terhadap cara mengajar semua penerapan tersebut tetap diterapkan karena mampu mengatasi kejenuhan belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202170 ANI ISTIKOMAH |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:19 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46670 |
Actions (login required)
View Item |