PENGEMBANGAN MEDIA MISTERY SMART BOX SISTEM PERNAPASAN DAN PEREDARAN DARAH MANUSIA (MISBOX SINANDA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI IPA DI KELAS V MI

URVADILA AYUS WIDYA MAHARDHIKA, 126205201053 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MISTERY SMART BOX SISTEM PERNAPASAN DAN PEREDARAN DARAH MANUSIA (MISBOX SINANDA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI IPA DI KELAS V MI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mahardhika, Urvadila Ayus Widya. 2024. Pengembangan Media Mistery Smart Box Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia (Misbox Sinanda) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi IPA di Kelas V MI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Penegmbangan, Media pembelajaran, IPA Media Mistery Smart Box Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia (Misbox Sinanda) merupakan media konvensional yang berbentuk box 3D dilengkapi dengan soal dan kuis. Pengembangan media dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran yang belum memaksimalkan memanfaatkan media ketika pembelajaran dan pembelajaran terpusat pada guru. Sehingga membuat siswa kurang memahami materi terkhusus mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia. Untuk itu, Media misbox sinanda dibuat dengan desain yang menarik, dilengkapi gambar beserta penjelasan, speaker yang berisi soal-soal, dan kuis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui desain produk media misbox sinanda untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas V MI, (2) untuk mengetahui pengembangan media misbox sinanda dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia, (3) untuk mengetahui keefektifan media misbox sinanda dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Reseach and Development) model ADDIE. Tahapannya dimulai Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket atau kuisoner, tes dan observasi. Jenis data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa misbox sinanda materi sistem pernapasan dan peredaran darah manusia kelas V MI. Selain itu, peneliti memperoleh hasil media pembelajaran misbox sinanda terbukti efektif dan layak digunakan dalam pemebelajaran. Pada kelayakan media mendapatkan perolehan rata-rata dari tiga validator yaitu 94,86%, kelayakan dari ahli materi 85,23%, sedangkan ahli soal memperoleh 82,68%. Selanjutnya keefektifan media dibuktikan dengan hasil uji T-test dengan sig (2-tailed) 0,000 artinya terdapat perbedaan antara peserta didik yang menggunakan media dan yang tidak menggunakan media. Sehingga media ini dikategorikan efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201053 URVADILA AYUS WIDYA MAHARDHIKA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:43
Last Modified: 05 Jun 2024 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46673

Actions (login required)

View Item View Item