URVADILA AYUS WIDYA MAHARDHIKA, 126205201053 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MISTERY SMART BOX SISTEM PERNAPASAN DAN PEREDARAN DARAH MANUSIA (MISBOX SINANDA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI IPA DI KELAS V MI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Mahardhika, Urvadila Ayus Widya. 2024. Pengembangan Media Mistery Smart Box Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia (Misbox Sinanda) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi IPA di Kelas V MI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Penegmbangan, Media pembelajaran, IPA Media Mistery Smart Box Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia (Misbox Sinanda) merupakan media konvensional yang berbentuk box 3D dilengkapi dengan soal dan kuis. Pengembangan media dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran yang belum memaksimalkan memanfaatkan media ketika pembelajaran dan pembelajaran terpusat pada guru. Sehingga membuat siswa kurang memahami materi terkhusus mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia. Untuk itu, Media misbox sinanda dibuat dengan desain yang menarik, dilengkapi gambar beserta penjelasan, speaker yang berisi soal-soal, dan kuis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui desain produk media misbox sinanda untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas V MI, (2) untuk mengetahui pengembangan media misbox sinanda dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia, (3) untuk mengetahui keefektifan media misbox sinanda dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPA tentang sistem pernapasan dan peredaran darah manusia. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Reseach and Development) model ADDIE. Tahapannya dimulai Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket atau kuisoner, tes dan observasi. Jenis data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa misbox sinanda materi sistem pernapasan dan peredaran darah manusia kelas V MI. Selain itu, peneliti memperoleh hasil media pembelajaran misbox sinanda terbukti efektif dan layak digunakan dalam pemebelajaran. Pada kelayakan media mendapatkan perolehan rata-rata dari tiga validator yaitu 94,86%, kelayakan dari ahli materi 85,23%, sedangkan ahli soal memperoleh 82,68%. Selanjutnya keefektifan media dibuktikan dengan hasil uji T-test dengan sig (2-tailed) 0,000 artinya terdapat perbedaan antara peserta didik yang menggunakan media dan yang tidak menggunakan media. Sehingga media ini dikategorikan efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran IPA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201053 URVADILA AYUS WIDYA MAHARDHIKA |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:43 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46673 |
Actions (login required)
View Item |