EFEKTIVITAS METODE EKLEKTIK TERHADAP KESULITAN MENGHAFAL MUFRODAT PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ALHIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

LAILI EKA RAHMA DIANTI, 12205193244 (2023) EFEKTIVITAS METODE EKLEKTIK TERHADAP KESULITAN MENGHAFAL MUFRODAT PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ALHIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Eklektik Terhadap Mengatasi Kesulitan Menghafal Mufrodat Peserta Didik di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ini ditulis oleh Laili Eka Rahma Dianti 12205193244, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha M.Pd. Kata Kunci: Metode Eklektik, Kesulitan Mengahafal, Mufrodat Bahasa Arab Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menghafalkan mufrodat yang ditugaskan oleh guru. Kesulitan tersebut timbul dari kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran sehingga terasa malas, dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk menumbuhkan minat tersebut guru menggunakan variasi metode agar peserta didik merasa belajar dengan pembelajaran yang menyenangkan. Variasi metode yang digunakan oleh guru menggunakan metode eklektik. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perbedaan signifikan dalam tingkat keberhasilan Peserta Didik terhadap Kesulitan Menghafal Mufrodat Kelas IV di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir ? (2) Efektivitas Metode Eklektik terhadap Kesulitan Menghafal Mufrrodat Peserta Didik di MI AL-Hidayah 01 Betak Kalidawir?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen Pretest-Post-Test Disgn. Pengukuran pertama dilakukan pretest, test dilakukan untuk mengetahui nilai sebelum melakukan metode eklektik. Pengukuran kedua melakukan posttest, pemberian test setelah melakukan metode eklektik. Sabjek dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan kelas IV B berjumlah 36. Hasil Penelitian (1) Perbedaan siginifikan dapat diketahui dengan rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilihat dari nilai signifikansi kurang dari 0,05 (p=0,003<0,005) dan(p=0,004<0,005). kenaikan rata-rata kelompok eksperimen 88,66 dan kelompok kontrol 72,62 memiliki kenaikan11,6 ini menunjukkan ada tingkat keberhasilan peserta didik yang dialami. (2) Untuk mengukur efektivitasnya menggunakan N-Gain berdasarkan hasil perhitungan dari Ngain score untuk kelas eksperimen sebesar 64,1040 atau 64% termasuk kategori cukup efektiv. Deengan nilai N-Gain Score minimal 14,30% dan maksimal 100%. Sementara untuk rata-rata nilai N-Gain Score kelas kontrol adalah sebesar 33,0045% atau 33,1 % termasuk kategori kurang efektif. Dengan nilai N-Gain Score minimal -12,50 dan maksimal 100%. Dengan demikian bahwa metode eklektik terhadap mengatasi kesulitan meghfal mufrodat cukup efektif dengan nilai N-Gain Score 64,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193244 LAILI EKA RAHMA DIANTI
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:02
Last Modified: 05 Jun 2024 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46675

Actions (login required)

View Item View Item