ANISAUL MUNADHIROH, 126204202077 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar” ditulis oleh Anisaul Munadhiroh, Nomor Induk Mahasiswa. 126204202077, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Roda Putar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pendidik yang memilih model dan media yang kurang tepat dimana pendidik cenderung memberikan materi dengan metode ceramah saja, sehingga membuat peserta didik merasa cepat bosan dan mengantuk ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media roda putar. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning (PBL) dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah clusterrandom sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t (independent sample t) dan uji cohen’s effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model problem based learning dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar, 2) besar pengaruh model problem based learning dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202077 ANISAUL MUNADHIROH |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:21 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46681 |
Actions (login required)
View Item |