PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN BLITAR

ANISAUL MUNADHIROH, 126204202077 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (722kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar” ditulis oleh Anisaul Munadhiroh, Nomor Induk Mahasiswa. 126204202077, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Roda Putar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pendidik yang memilih model dan media yang kurang tepat dimana pendidik cenderung memberikan materi dengan metode ceramah saja, sehingga membuat peserta didik merasa cepat bosan dan mengantuk ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media roda putar. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning (PBL) dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah clusterrandom sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t (independent sample t) dan uji cohen’s effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model problem based learning dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar, 2) besar pengaruh model problem based learning dengan media roda putar terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Blitar termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202077 ANISAUL MUNADHIROH
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:21
Last Modified: 05 Jun 2024 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46681

Actions (login required)

View Item View Item