MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NIGELLA PAQUITA, 12207173007 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh NIGELLA PAQUITA, NIM. 12207173007, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan Pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya sarana dan prasarana yang memadai. Proses pembelajaran tidak akan terwujud tanpa adanya sarana dan prasarana. Sekolah harus mempertimbangkan secara seksama dalam melengkapi sarana dan prasarana dengan tujuan agar peningkatan mutu pendidikan terwujud. Sarana dan prasarana tidak akan dapat terpenuhi tanpa adanya manajemen yang dijalankan di sekolah. Disinilah kemudian manajemen sarana dan prasarana menjadi bagian penting yang tidak mungkin untuk dipisahkan dengan dunia pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung?, 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung?, 4) Bagaimana pengawasan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi parsipatif dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) Kepala sekolah, (b) Waka sarana dan prasarana, (c) Kepala tata usaha, (d) Staf TU, (e) guru. 2) paper (kertas/dokumentasi) yaitu berupa foto-foto kegiatan manajemen sarana dan prasarana. 3) Place (tempat) yaitu, SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, metode dan konsultasi pembimbing. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulunggaung dilakukan melalui rapat bersama kepala sekolah, waka, guru dan staf sekolah untuk merencanakan kegiatan manajemen sarana dan prasarana, dengan memprioritaskan kepentingan siswa, serta dalam perencanaannya melibatkan semua elemen sekolah. 2) Pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung memiliki tim khusus yang dikomando oleh waka sarana dan prasarana,tidak ada kriteria khusus dalam perekrutan anggota tim dan semua tugas dibagi oleh kepala sekolah. 3) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung ada tiga kegiatan pelaksanaan yaitu pengadaan sarana dan prasarana yang mengutamakan prioritas siswa, inventarisasi guna mempermudah pengawasan dan melakukan perencanaan berikutnya dan pemeliharaan yang dilakukan oleh semua warga sekolah tanpa terkecuali. 4) Pengawasan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pedidikan di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang dilakukan setiap hari, perminggu paling lama setiap triwulan sekali, yang bertujuan agar pengawasan berjalan maksimal, pengawasan dilakukan untuk menjaga sarana dan prasarana dalam kondisi siap pakai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173007 Nigella Paquita
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:43
Last Modified: 05 Jun 2024 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46691

Actions (login required)

View Item View Item