SITI NUR KUMALA, 1756144050 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN SE-KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Thesis ]
Text (Halaman Judul)
1. Cover.pdf - Cover Image Download (642kB) |
||
Text (Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Supplemental Material Download (361kB) |
||
Text (Landasan Teori)
3. BAB II Landasan Teori.pdf - Supplemental Material Download (394kB) |
||
Text (Metode Penelitian)
4. BAB III Metode Penelitian.pdf - Supplemental Material Download (540kB) |
||
|
Text (Hasil Penelitian)
5. BAB IV Hasil Penelitian.pdf - Supplemental Material Download (553kB) | Preview |
|
|
Text (Pembahasan)
6. BAB V Pembahasan.pdf - Supplemental Material Download (203kB) | Preview |
|
Text (Penutup)
7. BAB VI Penutup.pdf - Supplemental Material Download (148kB) |
||
|
Text (Daftar Rujukan)
8. Daftar Rujukan.pdf - Bibliography Download (174kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di MAN se Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016”, Ini ditulis oleh Siti Nur Kumala, NIM. 1756144050. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan dasar mengajar guru, motivasi belajar, hasil belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam dunia pendidikan yang segala unsur di dalamnya menginginkan pendidikan berkualitas. Pendidikan senantiasa berupaya mewujudkan manusia yang berkualitas melalui berbagai kegiatan yang telah dirancang, diprogramkan, dan diaplikasikan, pendidikan yang berkualitas membutuhkan proses pembelajaran yang cukup panjang. Proses inilah yang menentukan kualitas sesorang. Dalam proses tersebut yang paling berperan adalah guru dan siswa. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana gambaran tentang keterampilan dasar mengajar guru, motivasi belajar dan hasil belajar siswa di MAN se-Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016? 2) Apakah ada pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas X di MAN Se-Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/ 2016? 3) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelas X di MAN Se-Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/ 2016? 4) Apakah ada pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas X di MAN Se-Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/ 2016? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan belajar menjadi guru professional yang berusaha untuk menerapkan dan mengasah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh guru dengan sungguh-sungguh dan latihan terus menerus untuk menjadi guru yang mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar guru dengan baik. Jenis Penelitian: penelitian pendidikan, penelitian kuantitatif. Populasi: siswa kelas X di MAN se Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015-2016, yang terdiri dari 1157 siswa. Sampling: Sampel Random Sampling. Sampel: 92 siswa. Variabel bebas: keterampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar. Variabel terikat: Hasil belajar. Sumber data: Responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket, dokumentasi. Teknik analisis data: statistik deskriptif, dan analisi regresi ganda dengan bantuan komputasi SPSS 23 for windows. Hasil penelitian: 1) Keterampilan dasar mengajar guru di MAN se Kabupaten Blitar termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 159.92. Motivasi belajar siswa kelas X di MAN se Kabupaten Blitar juga termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 98.16. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di MAN se Kabupaten Blitar sebesar 51%. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. di MAN se Kabupaten Blitar sebesar 40%. 4) Berdasarkan uji hipotesis pada bab sebelumnya keterampilan dasar mengajar guru memberikan kontribusi sebesar 51% terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi 40% terhadap hasil belajar siswa. Secara bersama-sama keterampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar mampu menerangkan atau memprediksi nilai variabel terikat hasil belajar siswa sebesar 54%.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756154001 abdul qohar |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 01:41 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4670 |
Actions (login required)
View Item |