IMPLEMENTASI METODE SGD PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TA’AWUN PESERTA DIDIK DI MTSN 3 BLITAR

RAHMAD KHOIRUDIN, 126201202136 (2024) IMPLEMENTASI METODE SGD PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TA’AWUN PESERTA DIDIK DI MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter yang mulia sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memperhatinkan. Pembentukan karakter yang baik, salah satunya sikap ta’awun pada usia madrasah tsanawiyah harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh, karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan akhlak yang baik melalui peningkatan sikap ta’awun di lingkungan madrasah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanakan metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar? (3) Bagaimana evaluasi metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar?. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanan metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode SGD (Small Group Discussions) pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan sikap Ta’awun peserta didik di MTsN 3 Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan metode SGD (Small Group Discussions) yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MTsN 3 Blitar terdiri dari initiating and regulating. Initiating yaitu guru mempersiapkan bahan diskusi, guru membentuk kelompok, guru mempersiapkan alat dan media pembelajaran. Regulating yaitu: guru memberikan waktu batasan untuk diskusi selama 50 menit, guru memberi penjelasan bahwa hasil diskusi dipresentasikan oleh perwakilan kelompok, hasil diskusi dikumpulkan. Nilai ta’awun yang ditingkatkan pada tahap ini adalah sikap penolong kepada orang lain. (2) Pelaksanaan metode SGD (Small Group Discussions) yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MTsN 3 Blitar terdiri dari informing and supporting. Informing yaitu ketika kegiatan diskusi berlangsung, guru mendatangi setiap kelompok dengan membawa informasi baru berupa penjelasan singkat terkait materi yang sedang dipelajari dan guru selalu siap menjawab ketika ada peserta didik yang bertanya. Supporting yaitu guru menyelaraskan sudut pandang yang berlawanan, menyuarakan perasaan kelompok dan memvariasikan tempat anggota dalam kelompok. Nilai ta’awun yang ditingkatkan pada proses ini adalah sikap saling peduli satu sama lain. (3) Evaluas meitode SGD (Small Group Discussions) yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MTsN 3 Blitar terdiri dari feedback dan penilaian. Feedback berupa guru memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap kelompok yang telah melakukan kegiatan pembelajaran. Penilaian berupa guru memberikan nilai kepada setiap kelompok dan memberikan follow up sebagai tugas lanjutan Nilai ta’awun yang ditingkatkan pada proses ini adalah sikap saling perhatian kepada orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202136 RAHMAD KHOIRUDIN
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:44
Last Modified: 06 Jun 2024 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46704

Actions (login required)

View Item View Item