BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs.ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Nita Mukaromah, 2811123176 (2017) BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs.ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI dan referensi.pdf

Download (244kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Bimbingan dan Konseling dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”, ini ditulis oleh Nita Mukaromah, NIM: 2811123176, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi muawanah, S.Ag., M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa bimbingan dan konseling merupakan bimbingan yang ada di sekolah diperuntukkan bagi para siswa yang mengalami kesulitan belajar atau para siswa yang membutuhkan bimbingan khusus untuk mengatasi problematikan yang dihadapi siswa sendiri agar dalam pencapaian tujuan pendidikan tidak ada hambatan sehingga bisa mencapai hasil yang optimal pada beberapa lembaga pendidikan. Bimbingan dan konseling secara aktif melakukan proses bimbingan konseling kepada siswa yang dinilai, sebagai siswa yang memiliki persoalan (problem) baik menyangkut pribadinya atau orang lain dari lingkungannya. Dan sering kali kita temukan di sekolah-sekolah adalah adanya kesulitan belajar di alami oleh siswa. Sehingga bimbingan dan konseling secara khusus ditangani oleh tenaga-tenaga yang dinilai mampu untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa. Rumusan masalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Apa faktor-faktor kesulitan belajar siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peranan Bimbingan dan Konseling dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Skripsi ini bermanfaat sebagai bahan referensi bagi guru Bimbingan dan Konseling, wali kelas, dan lembaga pendidikan yang terkait dalam menanggulangi permasalahan kesulitan belajar, dalam rangka penyempurnaan program proses belajar mengajar sehingga antara guru dan siswa sebagai pihak yang perlu dididik bisa saling melengkapi dan bekerja sama dengan baik sehingga prestasi belajar siswa akan selalu meningkat. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian: (1) jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, (2) lokasi penelitian di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (3) sumber data ada tiga tahap yaitu: person, place dan paper, (4) prosedur pengumpulan data melalui: observasi, dokumentasi, wawancara, (5) teknik analisis data, yakni: analisis data deduktif dan analiasis data induktif, (6) pengecekan keabsahan temuan yakni: perpanjangan waktu , triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi (7) tahap-tahap penelitian, meliputi: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap pengumpulan data, tahap penulisan lapporan. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa diantaranya kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa, kesulitan belajar yang dialami oleh mereka dari segi intelektual atau daya pikir. Ada juga siswa yang mengalami diskalkulia yaitu merupakan kesulitan dalam memahami matematika mendasar (operasi hitung), mengorganisasikan angka, (2) Adanya faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dapat diklasifikasi sebagai berikut: Kesulitan belajar siswa itu dari lingkungan keluarga ,Teman pergaulan, kurangnya motivasi atau dorongan untuk belajar, tanpa motivasi yang besar peserta didik akan banyak mengalami kesulitan dalam belajar, karena motivasi merupakan faktor pendorong kegiatan belajar, faktor jasmaniah yang tidak mendukung kegiatan belajar, seperti gangguan kesehatan, cacat tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dan lain sebagainya, minat belajar yang kurang, ruang belajar yang tidak kondusif, (3) Adanya peranan bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah bimbingan merupakan bantuan kepada individu dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dapat timbul dalam hidup siswa. Supaya setiap siswa lebih berkembang ka arah yang semaksimal mungkin. Dengan demikian bimbingan menjadi bidang layanan khusus dalam keseluruhan kegiatan pendidikan sekolah yang ditangani oleh tenaga-tenaga ahli dalam bidang tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123176 Nita Mukaromah
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:57
Last Modified: 24 Jan 2017 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item View Item