ZULFA IRDIANA, 126201202079 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMAN 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
||
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMAN 1 Mojo Kediri” ditulis oleh Zulfa Irdiana NIM. 126201202079, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Media Pembelajaran, Audio Visual, Pembelajaran PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teknologi yang semakin berkembang dan guru PAI yang masih sering menggunakan metode ceramah dengan hanya menggunakan buku cetak sebagai media. Hal ini membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran, pada akhirnya menurunkan hasil belajar siswa. Salah satu usaha yang dilakukan oleh SMAN 1 Mojo Kediri adalah dengan penggunaan media audio visual dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana konsep pembelajaran guru dalam mengoptimalisasi media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran PAI?,(2) Bagaimana langkah-langkah penerapan media audio visual dalam pembelajaran PAI?,(3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media audio visual?. Penelitian ini meggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Konsep guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran audio visual dalam pendidikan PAI meliputi pemahaman tujuan pembelajaran, memastikan kesesuaian antara media dan konten PAI, memperhatikan variasi media yang digunakan untuk menjaga ketertarikan siswa. Serta mengedepankan konsep-konsep abstrak. (2) Langkah-langkah penerapan media audio visual dalam PAI yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran, materi audio visual, penyajian materi, integrasi, interaksi, dan memfasilitasi diskusi, serta mengevaluasi dan merefleksi. (3) faktor pendukungnya melibatkan beragam media yang memadai, interaksi guru dengan siswa, dan kreativitas guru. Faktor penghambatnya kurangnya aplikasi multimedia, terbatasnya sumber daya multimedia, keterbatasan waktu, alokasi sumber daya, keterbatasan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi audio visual sehingga memerlukan penjelasan lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202079 ZULFA IRDIANA |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:54 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46722 |
Actions (login required)
View Item |