PRAKTIK AKAD MURABAHAH PADA PERBEDAAN NILAI PEMBELIAN DAN NILAI OBJEK JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus BMT Muamalah Tulungagung Desa Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)

PRETI ENGGAR SASTI, 126101202150 (2024) PRAKTIK AKAD MURABAHAH PADA PERBEDAAN NILAI PEMBELIAN DAN NILAI OBJEK JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus BMT Muamalah Tulungagung Desa Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Preti Enggar Sasti, 126101202150, “Praktik Akad Murabahah Pada Perbedaan Nilai Pembelian Dan Nilai Objek Jaminan Fidusia (Studi Kasus BMT Muamalah Tulungagung Desa Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Preti Enggar Sasti, Fakuktas Syariah dan Ilmu Hukum, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatillah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Abd. Khoir Wattimena, M.H. Kata Kunci: Akad Murabahah, Nilai Pembelian, Nilai Objek Jaminan Fidusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal yang sering terjadi dalam sebuah lembaga keuangan syariah yaitu adanya wanprestasi atau risiko gagal bayar oleh anggota yang mengakibatkan adanya perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia. Penelitian ini dilakukan pada BMT Muamalah Tulungagung karena menyediakan pembiayaan akad murabahah dan tentunya mengalami terkait adanya perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1 . Bagaimana penerapan praktik akad murabahah pada perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia di BMT Muamalah Tulungagung? 2. Bagaimana Upaya penyelesaian praktik akad murabahah pada perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia di BMT Muamalah Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Penerapan praktik akad murabahah pada perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia di BMT Muamalah Tulungagung yaitu dengan adanya uang muka pada pembelian, BMT Muamalah Tulungagung tidak akan meminta jaminan jika anggota mempunyai uang muka, sebaliknya jika anggota tidak mempunyai uang muka maka pihak BMT Muamalah Tulungagung akan meminta jaminan. Objek jaminan yang dapat dijaminkan sebesar 60% dari harga jaminan. 2. Upaya penyelesaian untuk menyelesaikan adanya perbedaan nilai pembelian dan nilai objek jaminan fidusia yaitu dengan melakukan pendekatan kekeluargaan yang mengedepankan kesyariahannya. Jika dengan cara tersebut tetap tidak menemukan titik terang langkah terakhir yang akan diambil yaitu menjual jaminan yang sudah dijaminkan sebelumnya dan apabila ada sisa akan dikembalikan kepada anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202150 PRETI ENGGAR SASTI
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:11
Last Modified: 07 Jun 2024 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46774

Actions (login required)

View Item View Item