PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (EDUCATION AND ENTERTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

Rika Setiani, 2814123133 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (EDUCATION AND ENTERTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN(1).pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman_depan.PDF.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.PDF.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.PDF.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.PDF.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.PDF.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.PDF.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_VI.PDF.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN(1).pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Rika Setiani, 2814123133, Pengaruh Metode Pembelajaran Edutainment (education and entertainment) terhadap Hasil Belajar Matematika materi Lingkaran pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, Falkultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci : Metode Pembelajaran Edutainment , Hasil Belajar Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan salah satunya ditentukan oleh proses pembelajaran yang dialami peserta didik. Selama ini kebanyakan peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga kemampuan peserta didik dalam memahami dan memecahkan masalah masih kurang dan tidak berkembang. Hal ini menyebabkan prestasi belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran matematika masih rendah. Rendahnya prestasi belajar matematika peserta didik, disebabkan oleh adanya berbagai faktor. Salah satunya ialah selama ini peserta didik masih menganggap matematika sebagai biang kesulitan pelajaran paling membosankan dan paling dibenci peserta didik dari proses belajar di sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang menyenangkan agar para peserta didik menjadi bersemangat dan mempunyai motivasi untuk belajar matematika. Metode edutainment adalah metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut karena metode edutainment adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara pendidikan dan hiburan Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Edutainment (education and entertainment) terhadap Hasil Belajar Matematika materi Lingkaran pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung dan seberapa besar pengaruhnya. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, kemudian sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-F dengan jumlah peserta didik 27 sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII-G dengan jumlah peserta didik 27 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, dokomentasi dan tes. Lembar observasi dan lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan peneliti, baik sebelum penelitian dan selama proses penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika peserta didik yang diberikan perlakuan metodel pembelajaran edutainment dan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai sig = 0,021 < 0,005 dan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123135 Rosyida Ayu Aprilia
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:39
Last Modified: 31 Jan 2017 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item View Item