PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI KEKONGRUENAN SEGITIGA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG

GURITNO MURTIANINGSIH, 126204203192 (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI KEKONGRUENAN SEGITIGA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kekongruenan Segitiga Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Guritno Murtianingsih, NIM. 126204203192, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: problem-based learning, kemampuan literasi matematika, dan materi kekongruenan segitiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kelas VIII ketika menemukan soal tentang penerapan terhadap materi kekongruenan segitiga dengan penyajian soal bervariasi cerita, mayoritas peserta didik kesulitan mengerjakannya. Dengan demikian, peneliti menghubungkan masalah yaitu penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Tujuannya mengetahui pengaruh dan besar pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi kekongruenan segitiga kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain penelitian menggunakan Posttest-only Control Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII-G dan VIII-H MTsN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2023/2024 yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas eksperimen (VIII-H) menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol (VIII-G) menggunakan metode ceramah/intruksi langsung (Direct Instruction). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi kekongruenan segitiga kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,036 < 0,05 dan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203192 GURITNO MURTIANINGSIH
Date Deposited: 07 Jun 2024 05:35
Last Modified: 07 Jun 2024 05:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46795

Actions (login required)

View Item View Item