GURITNO MURTIANINGSIH, 126204203192 (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI KEKONGRUENAN SEGITIGA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kekongruenan Segitiga Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Guritno Murtianingsih, NIM. 126204203192, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: problem-based learning, kemampuan literasi matematika, dan materi kekongruenan segitiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kelas VIII ketika menemukan soal tentang penerapan terhadap materi kekongruenan segitiga dengan penyajian soal bervariasi cerita, mayoritas peserta didik kesulitan mengerjakannya. Dengan demikian, peneliti menghubungkan masalah yaitu penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Tujuannya mengetahui pengaruh dan besar pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi kekongruenan segitiga kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain penelitian menggunakan Posttest-only Control Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII-G dan VIII-H MTsN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2023/2024 yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas eksperimen (VIII-H) menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol (VIII-G) menggunakan metode ceramah/intruksi langsung (Direct Instruction). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi kekongruenan segitiga kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,036 < 0,05 dan nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203192 GURITNO MURTIANINGSIH |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 05:35 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 05:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46795 |
Actions (login required)
View Item |