ZAHROTUNNISA` SISWAHYUNINGSIH, 126207203120 (2024) MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus di MTsN 1 Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Kasus di MTsN 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Zahrotunnisa` Siswahyuningsih, NIM.126207203120, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd. I. Kata Kunci: Manajemen Madrasah, Kualitas, Pembelajaran Berbasis Digital Madrasah sebagai lembaga pendidikan hendaknya responsif terhadap kondisi era globalisasi dalam mencapai tujuan pendidikan dapat lebih optimal sesuai kemajuan zaman dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama islam. Maka manajemen madrasah digunakan sebagai upaya proses peneyelenggaraan setiap usaha kerjasama sekelompok manusia dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan madrasah secara efektif dan efisien. MTsN 1 Tulungagung melaksanakan pembelajaran berbasis yaitu dengan menggunakan media teknologi digital. Pembelajaran digital dilaksanakan secara interaktif antara peserta didik dan pendidik dengan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dilengkapi dengan internet, HP, tab dan berbagai aplikasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis temuan tentang perencanaan madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung. (2) Menganalisis temuan tentang pelaksanaan madrasah digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 1 Tulungagung. (3) Menganalisis temuan tentang evaluasi madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan keterpercayaan (credibility) dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check, kemudian dengan keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability), dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan sebelum melaksanakan program meliputi menganalisis dan menyusun perencanan berdasarkan visi, misi, dan tujuan madrasah dengan panduan penyelenggaraan madrasah digital, rapat dinas dan rapat koordinasi oleh pimpinan madrasah, guru dan komite madrasah, mempersiapkan sarana dan prasarana berbasis digita, kompetensi guru dan mensosialisasi wali murid dan calon peserta didik kelas digital agar memahami maksud dari pembelajaran berbasis digital di MTsN 1 Tulungagung. (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis digital di kelas digital menggunakan tab pribadi dan TV, materi diakses di website mtsnsatutulungagung.sch.id. Pembelajaran berbasis digital dinilai lebih efektif karena menarik dan mempermudah pemahaman dengan akses yang lebih luas, menggunakan media audio dan visual. Strategi pembelajaran berbasis digital dengan mindset pendayagunaan digitalisasi dan menambah kompetensi dengan materi desain grafis dan komputer jaringan. (3) Evaluasi pembelajaran berbasis digital secara isidental dan secara keseluruhan disetiap akhir semester. Evaluasi pembelajaran oleh guru pada refleksi harian, ujian harian, maupun ujian akhir semester dengan berbasis CAT (Computer Assisted Test). Hambatan yang terjadi seperti pada sarana dan prasarana dan miskonsepsi pembelajaran berbasis digital.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203120 ZAHROTUNNISA' SISWAHYUNINGSIH |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:27 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46806 |
Actions (login required)
View Item |