KHODIMUL MAIMIN, 126201201030 (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Khodimul Maimin. 2024. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, PAI. Permasalahan penggunaan metode tradisional, diskusi, dan ceramah seringkali menyebabkan beberapa materi kurikulum tidak sesuai untuk siswa, sehingga membuat mereka kurang tertarik dengan metode tersebut. Metode penjelasan dan pembelajaran yang dilakukan guru menjadi kurang efektif dan pembelajaran kurang dipahami siswa sehingga menimbulkan permasalahan lain untuk mencapai hasil belajar yang baik dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol ? (2) Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol ? (3) Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol ?. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol yaitu: a. Merencanakan materi, b. Mempersiapkan materi yang dijarkan, c. Guru menjelakan materi yang berkaitan dengan materi demonstrasi, d. Mempraktekan materi yang telah disampaikan, e. Guru menunjuk salah satu murid untuk memperagakan ulang, f. Memberikan tugas atau ujian setelah selesai pembelajaran. (2) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol yaitu: a. Memberikan contoh dan sikap yang baik kepada siswa, b. Guru memberikan konsep yang baik, c. Guru memberikan pujian dan apresiasi kepada siswa yang telah melakukan hal baik di dalam lingkungan sekolah. (3) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol yaitu: a. Membuat kesepakatan dengan siswa, b. Guru memperagakan dan mensimulasikan, c. Guru memberikan contoh ketika ada kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201030 KHODIMUL MAIMIN |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46827 |
Actions (login required)
View Item |