PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MIN 11 BLITAR

ANDARIN ANGGRAINI, 126205202097 (2024) PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (406kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Alat Peraga untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Andarin Anggraini, NIM. 126205202097, pembimbing Uswatun Hanasah, S.Pd.I., M.Pd, NIP. 199201262019032019. Kata Kunci: Alat Peraga, Minat Belajar, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Siswa menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Selain itu, siswa sering merasa bosan dan jenuh apabila guru menerangkan mata pelajaran matematika di kelas. Siswa menjadi kurang fokus terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Untuk itu, perlu diterapkannya pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini ,yaitu 1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga langsung pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga tidak langsung pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan hasil pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilaksanakan guna menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tulisan, lisan dan perilaku dari subjek yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 11 Blitar. Sumber data penelitian terdiri dari informan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini, ialah 1) Pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga langsung pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar, dilakukan dengan memanfaatkan benda asli melalui tahapan, menyiapkan materi, menyiapkan alat peraga langsung sesuai dengan materi, penugasan kepada siswa, mendemonstrasikan alat peraga langsung, siswa bermain peran terkait dengan alat peraga langsung, dan diakhiri dengan forum diskusi. 2) Pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui jenis alat peraga tidak langsung pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar, dilakukan melalui tahapan, menyiapkan materi, menyiapkan alat peraga tidak langsung sesuai dengan materi, membuat alat peraga tidak langsung sesuai dengan materi, mendemonstrasikan alat peraga tidak langsung, dan diakhiri dengan forum diskusi. 3) Hasil pemanfaatan alat peraga untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di MIN 11 Blitar, yaitu a) Siswa lebih tertarik adanya pemanfaatan alat peraga. b) Siswa lebih fokus saat guru menyampaikan materi. c) Siswa lebih antusias untuk bertanya. d) Siswa menjadi lebih kreatif saat membuat alat peraga. e) Siswa menjadi lebih aktif di dalam kelas. f) Interaksi antara guru dengan siswa meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202097 ANDARIN ANGGRAINI
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:23
Last Modified: 10 Jun 2024 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46831

Actions (login required)

View Item View Item