IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN TAJWID DI SEKOLAH EKKAPAPSASSANAWICH KRABI THAILAND

APIWAT CHETTAPHAN, 12201173419 (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN TAJWID DI SEKOLAH EKKAPAPSASSANAWICH KRABI THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Pembelajaran Tajwid Di Sekolah Ekkapapsassanawich Krabi Thailand” ditulis oleh Apiwat Chettaphan, NIM 12201173419 pembimbing Dr. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Alat Permainan Edukatif, Tajwid Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara langsung dari pendidik untuk terdidik guna mewujudkan suasana belajar yang efektif dalam mengembangkan potensi anak. Pembelajaran ini dilakukan secara terus menerus sampai mencapai sesuatu yang diharapkan. Makna pendidikan tidaklah semata-mata dapat menyekolahkan anak di sekolah untuk menimba ilmu pengetahuan, namun lebih luas dari pada itu, anak akan bertumbuh dan berkembang dengan baik jika memperoleh pendidikan yang paripurna agar kelak menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa/ negara dan agama. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu pencapaian keberhasilan belajar. Menurut Danim dalam hasil penelitian telah banyak membuktikan efektivitas penggunaan alat bantu atau media dalam proses belajar-mengajar di kelas, terutama dalam hal peningkatan prestasi siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan dua fokus penelitian, 1) Bagaimana pelaksanaan penggunaan APE dalam meningkatkan prestasi belajar tajwid di sekolah Ekkapapsassanawich Krabi Thailand? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat beserta solusinya dalam penggunaan APE untuk meningkatkan prestasi belajar tajwid di sekolah Ekkapapsassanawich Krabi Thailand?; Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan APE dalam meningkatkan prestasi belajar tajwid di Sekolah Ekkapapsassanawich Krabi Thailand; 2) Untuk mendeskripsikan pendukung dan penghambat beserta solusinya dalam penggunaan APE untuk meningkatkan prestasi belajar tajwid di Sekolah Ekkapapsassanawich Krabi Thailand. Objek penelitian ini difokuskan pada media pembelajaran siswa. Sumber data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan dalam memperoleh data menggunakan teknik wawancara. Pelaksanaan tentang Game tem akson yang akan mereka akan mainkan yaitu, guru akan menuliskan hukum Nun mati di papan tulis yang dibagi dalam 5 saluran. Setelah penjelasan selesai, disuruh guru untuk siswa berdiri dan membagi menjadi 2 baris, dan orang yang pertama di setiap baris pilihkan kertas dari kaleng yang telah disiapkan , kemudian berikan kepada mereka untuk mengambil kertas dari kaleng, setelah itu meberikan siswa tulis di papan sesuaikan dengan huruf itu sambil jelaskan tentang hurufnya, setelah itu guru akan memberikan nilai sesuai dengan jawabannya Hasil dari penelitian ini adalah (1)Pelaksaan Alat Permainan Edukatif dapat membantu anak mengembangkan kemampuan pada dirinya. Pelaksanaan APE di Sekolah Ekkapapsassanawich Thailand berupa permainan tem akson, A) APE dapat membantu anak mengembangkan kemampuan pada dirinya, B) APE di Sekolah Ekkapapsassanawich Thailand berupa permainan tem akson, C) APE tem akson dilakukan secara berkelompok agar anak-anak lebih mudah memahami, D) Guru mengerahkan anak-anak pada saat pelaksanaan APE berlangsung, E) Siswa yang aktif pada saat pelaksanaan APE berlangsung akan mendapatkan nilai tambah dari guru sebagai bentuk apresiasi. (2)Faktor pendukung dalam penggunaan APE yaitu anak-anak memiliki semangat yang sangat tinggi saat pelaksanaan APE. Siswa menjadilebih mudah untuk memahami hukum – hukum tajwid Faktor penghambat dalam pengunaan APE yaitu media yang digunakan belum bervariasi. Solusi dalam menghadapi penggunaan APE yaitu menyediakan fasilitas APE yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173419 APIWAT CHETTAPHAN
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:07
Last Modified: 11 Jun 2024 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46840

Actions (login required)

View Item View Item