PENGARUH PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG

DHEA NILA KANDHI, 126205203273 (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kandhi, Dhea, Nila. 2024. Pengaruh Penerapan Metode Group Investigation (GI) dengan Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MIN 3 Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan bahwa siswa tidak cukup terlibat selama kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa menunjukkan kurangnya partisipasi aktif, yang dibuktikan dengan prevalensi siswa yang dominan dan pasif. Selain itu, kurangnya minat siswa untuk belajar tentang pendidikan Pancasila disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran konvensional satu arah yang dianggap tidak menarik. Dalam konteks ini, peneliti menghubungkan masalah pemilihan metode dengan teknik dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh penerapan metode Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MIN 3 Tulungagung (2) menguji pengaruh penerapan teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MIN 3 Tulungagung (3) menguji pengaruh penerapan metode Group Investigation (GI) dengan teknik kancing gemerincing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen quasi experimental design dengan desain none equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t-test Independent Sample Test). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar (2) ada pengaruh teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar (3) berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa penerapan metode Group Investigation (GI) dengan teknik kancing gemerincing berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,006 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: group investigation, kancing gemerincing, hasil belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203273 DHEA NILA KANDHI
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:24
Last Modified: 10 Jun 2024 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46860

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item