PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RISIKO INVESTASI, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI (Studi Kasus pada Pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung)

DEVI SOFIANA KHOURIN, 126406202107 (2024) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RISIKO INVESTASI, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI (Studi Kasus pada Pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (418kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi, dan Media Sosial Terhadap Minat Berinvestasi (Studi Kasus pada Pelajar SMAN 1 Kauman Tulungagung)” ini ditulis oleh Devi Sofiana Khourin, NIM. 126406202107, Pembimbing Dr. Deni Yudiantoro, MM. Minat berinvestasi menjadi pokok pembahasan dalam skripsi ini, minat investasi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan akan investasi. Salah satu faktor minat investasi di dasari oleh pengetahuan akan investasi, risiko dan media sosial, yang mana investor harus memperhatikan apa saja yang menjadi penyebab minat investasi meningkat ataupun menurun. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan pengetahuan investasi, risiko investasi dan media sosial terhadap minat berinvestasi pada pelajar di SMAN 1 Kauman, Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi pada pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung, untuk menguji pengaruh risiko investasi terhadap minat investasi pada pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagun, untuk menguji pengaruh media sosial terhadap minat investasi pada pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung, untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, risiko investasi, dan media sosial secara simultan terhadap minat investasi pada pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 sampel yang merupakan pelajar SMAN 1 Kauman, Tulungagung. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Tahap selanjutnya, data kuesioner diolah dengan menggunakan uji analisis linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa (1) pengetahuan investasi diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 5,756 > 1,986 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi, (2) risiko investasi diperoleh nilai thitung< ttabel yaitu -0,740 < 1,986 dan nilai Sig. > 0,05 yaitu sebesar 0,461, sehingga risiko investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi, (3) media sosial diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,726 > 1,986 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga media sosial berpengaruh terhadap minat investasi. Sedangkan hasil penelitian menggunakan uji f menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 <0,005) dan nilai f hitung sebesar 42,995, maka F hitung lebih besar dari F tabel (42,995>2,70), sehingga secara simultan pengetahuan investasi, risiko investasi, dan media sosial berpengaruh positif terhadap minat investasi. Kata Kunci: Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi, Media Sosial, dan Minat Berinvestasi. ABSTRACT The thesis titled “The Influence of Investment Knowledge, Investment Risk, and Social Media on Investment Interest (Case Study on Students of SMAN 1 Kauman Tulungagung)" was written by Devi Sofiana Khourin, Student ID 126406202107, under the guidance of Dr. Deni Yudiantoro, MM. Investment interest is the focal point of discussion in this thesis, as it plays a crucial role in decision-making regarding investments. The level of investment interest is significantly influenced by factors such as knowledge about investments, risks involved, and social media. Investors must carefully consider the factors that contribute to the increase or decrease in investment interest. Therefore, this research addresses the issues of investment knowledge, investment risks, and social media's impact on investment interest among students at SMAN 1 Kauman, Tulungagung. The objectives of this study are to examine the influence of investment knowledge on investment interest among students at SMAN 1 Kauman, Tulungagung; to assess the impact of investment risks on investment interest among students at SMAN 1 Kauman, Tulungagung; to evaluate the influence of social media on investment interest among students at SMAN 1 Kauman, Tulungagung; and to test the simultaneous impact of investment knowledge, investment risks, and social media on investment interest among students at SMAN 1 Kauman, Tulungagung. The research employs a quantitative and associative research method. The sample size consists of 95 students from SMAN 1 Kauman, Tulungagung. The measurement is conducted using a Likert scale, and the subsequent stage involves processing the questionnaire data through multiple linear regression analysis. The research findings from the t-test indicate that (1) (1) investment knowledge obtained tcalculated> ttable value which is 5.756 > 1.986 and Sig. < 0.05 value which is 0.000, so that investment knowledge affects investment interest, (2) investment risk obtained tcal< ttable value which is -0.740 < 1.986 and Sig. > 0.05 which is 0.461, so that investment risk has no effect on investment interest, (3) social media obtained tcalable value> ttable which is 3.726 > 1.986 and Sig. < 0.05 value which is 0.000,So that social media affects investment interest. While the results of the study using the f test showed a Sig value of 0.000 which was smaller than 0.05 (0.000 <0.005) and a calculated f value of 42.995, then F count was greater than F table (42.995>2.70), so that simultaneously investment knowledge, investment risk, and social media positively affect investment interest. Keywords: Investment Knowledge, Investment Risk, Social Media, and Investment Interest

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406202107 DEVI SOFIANA KHOURIN
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:07
Last Modified: 05 Sep 2024 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46863

Actions (login required)

View Item View Item