Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung).

Ahmad Nursobah, 1755144002 (2016) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL FIX.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN FIX.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (214kB)

Abstract

Nursobah, Ahmad. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag dan (2) Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Prestasi Belajar, Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi dunia yang begitu pesat, sehingga Indonesia membutuhkan pendidikan yang mampu mepersiapkan siswa-siswinya dalam berkompetisi dalam dunia Internasional di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka disusunlah kurikulum terbaru ini yaitu kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 membutuhkan rancangan, proses pembelajaran, dan evaluasi yang tepat. Peran guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa merupakan hal yang sangat penting, guru yang berada dibarisan terdepan dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Guru langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentrasfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan sebaik-baiknya supaya menjadi peserta didik yang berprestasi dan siap menghadapi masa depan yang tidak bisa lepas dari teknologi. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran, mulai dari rancangan, proses, dan evaluasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada kurikulum 2013 di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan pembelajaran pada Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran yang pada Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar di MIN Ngepoh Tanggunggunung dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data kasus tunggal dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta analisis data lintas kasus. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitiannya adalah (1) Rancangan pembelajaran Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi siswa yang dilakukan guru adalah dengan memetakan dahulu KD dengan menetapkan tema yang ada di buku guru, kemudian apa yang akan dibahas dan menjabarkannya ke dalam indikator, kemudian membuat silabus lalu menyusun menjadi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), sedangkan yang berbeda pada kedua madrasah itu adalah pada proses pembuatan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dibuat secara kelompok yang terdiri dari kelompok Kurikulum 2013 kelas VI dan kelompok Kurikulum 2013 kelas I, selain itu perangkat pembelajaran juga dibuat secara mandiri oleh guru kelasnyan masing-masing (2) Proses pembelajaran Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa lebih menekankan aspek kognitif dengan didukung afektif, dan psikomotorik sehingga proses pembelajaran lebih banyak praktek dari pada materi, selain itu diselipkan ketrampilan ketrampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan pemaksimalan kompetensi tertentu. Selain dikelas ada aturan sekolah yang membiasakan peserta didik bukan dalam hal ibadah, mereka juga diajari disiplin dalam melakukan segala tugas yang diberikan sekolah. Pada kedua lembaga ini dalam menerapkan pembelajaran Kurukulum 2013 adalah untuk kelas I seluruh mata pelajaran diampu oleh guru kelas masing-masing, sedangkan untuk kelas IV di pegang beberapa guru yang terdiri dari guru tematik, muatan lokal dan agama. Selain itu dalam melaksanakan pembelajaran juga lebih banyak menggunakan media dari alam sekitar daripada menggunakan media berbasis teknologi dan juga menggunakan berbagai media berbasis teknologi dan komunikasi. (3) Evaluasi secara otentik dalam pembelajaran Kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ini menggunakan berbagai teknik dan instrumen mulai dari observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal, tes tulis, tes lisan, penugasan, kinerja proyek sampai portfolio. Selain itu juga menggunakan pengawasan serta pendampingan yang dilakukan oleh wali murid dan guru menggunakan berbagai variasi, mulai dari buku kasus penghargaan dan sanksi yang diberikan kepada peserta didik, selanjutnya dalam evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa setiap guru kelas mempunyai buku kasus yang isinya tentang layanan pribadi, layanan sosial, layanan belajar dan kesulitan anak belajar, jadi buku ini berfungsi untuk mengecek sikap selama di sekolah, dan akan diberitahu kepada orang tuanya terkait dengan perkembangan putra putrinya pada saat pertemuan wali murid.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I 1755144002 AHMAD NURSOBAH
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:23
Last Modified: 17 Feb 2017 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item