ASMA NAUFALIA HASNA, 126204203151 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ALJABAR KELAS IX DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (585kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (617kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Literasi matematika merupakan kapasitas individu untuk memformulasikan, mengunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Hal ini meliputi penalaran matematik dan pengunaan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan mempresiksi fenomena. Kemampuan literasi matematis merupakan kecakapan siswa untuk memformulasikan, menggunakan, serta menjelaskan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Seorang siswa dikatakan mempunyai kategori kemampuan literasi matematis baik jika siswa dapat bernalar, mengkomunikasikan pengetahuan dan keahlian matematikanya secara efesien untuk berperan pada kehidupannya, komunitasnya, serta masyarakatnya. Pentingnya kemampuan literasi matematika dewasa ini juga menjadi dasar adanya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini, adalah (1) untuk mendeskripsikan siswa dengan kemampuan literasi matematika tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar kelas IX di MTs Negeri 4 Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan siswa dengan kemampuan literasi matematika tingkat sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar kelas IX di MTs Negeri 4 Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan siswa dengan kemampuan literasi matematika tingkat rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar kelas IX di MTs Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di MTs Negeri 4 Tulungagung dengan subjek penelitian yaitu 6 peserta didik yang terpilih dari 27 peserta didik. Metode pengumpulan data berupa tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) siswa dengan kategori tinggimampu mencapai keenam level tingkat kemampuan literasi matematika. (2) siswa dengan kategori sedang mampu mampu mencapai sampai level 5. (3) siswa dengan kategori rendahmampu mencapai sampai level 3 tingkat kemampuan literasi matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203151 ASMA NAUFALIA HASNA |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:25 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46892 |
Actions (login required)
View Item |