ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

SILFI KHOIRUN NISA', 126208203106 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Silfi Khoirun Nisa’, NIM. 126208203106, Pembimbing Nanang Purwanto, M. Pd. Kata Kunci: Biologi, Kesulitan Belajar, Sistem Pencernaan Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar dan tingkat kesulitan belajar yang cukup tinggi pada mata pelajaran IPA Biologi. Hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya hasil latihan-latihan soal, baik latihan di kelas maupun pada pekerjaan rumah dan menurunnya hasil ulangan harian atau post test yang ditandai dengan diperolehnya nilai-nilai yang cukup rendah. Selain itu, siswa juga menganggap bahwa mata pelajaran IPA Biologi adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Dalam hal ini, peneliti memfokuskan tingkat kesulitan belajar pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung, (3) mendeskripsikan upaya pendidik mengatasi kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Observasi digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung, angket digunakan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung, dan wawancara digunakan untuk mendeskripsikan upaya pendidik mengatasi kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Teknik pengumpulan data observasi dan angket untuk peserta didik, sedangkan wawancara kepada pendidik. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga komponen, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis-jenis kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah pada materi Sistem Pencernaan Manusia adalah peserta didik sulit untuk konsentrasi, peserta didik mudah lelah dan bersikap malas saat kegiatan pembelajaran, peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan pendidik, peserta didik sulit menghafalkan istilah-istilah biologi pada materi yang disampaikan pendidik, dan peserta didik sulit dalam berkomunikasi untuk mengemukakan pendapat, (2) faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal terbagi lagi menjadi dua faktor, yaitu faktor jasmani dan psikologi. Keduannya terbukti mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik. Faktor kesulitan belajar peserta didik yang kedua adalah faktor eksternal, dimana terbagi menjadi tiga faktor yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Pada faktor keluarga terbukti tidak mempengaruhi kesulitan belajar, sedangkan faktor sekolah dan faktor masyarakat terbukti dapat mempengaruhi kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia, (3) upaya pendidik untuk mengatasi kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung antara lain dengan cara menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menggunakan ice breaking atau permainan disela-sela pembelajaran, mengadakan kegiatan praktikum, menggunakan strategi active learning pada proses pembelajaran, memberikan bimbingan, penjelasan, mengadakan belajar kelompok beserta diskusi dan mengadakan konseling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203106 SILFI KHOIRUN NISA'
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:01
Last Modified: 10 Jun 2024 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46908

Actions (login required)

View Item View Item