DEWI ENJELIA FEBRIANI, 126207203109 (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (174kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Dewi Enjelia Febriani, NIM. 126207203109, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Hafidz Rosyidiana, M. Pd. NIP. 198904292020121008. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Mutu Lulusan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan zaman yang semakin pesat sehingga lembaga pendidikan dituntut untuk mengasilkan lulusan-lulusan yang bermutu, berkualitas, dan kompeten. Lembaga pendidikan tentunya membutuhkan upaya yang maksimal dari pengelola madrasah dalam mengelola peserta didiknya agar memenuhi standar kompetensi dan kebutuhan masyarakat sesuai perkembangan zaman saat ini. Adanya manajemen peserta didik di MAN 2 Tulungagung sangat diharapkan dapat mencetak mutu lulusan yang unggul dan siap berprestasi di masyarakat tentunya dengan lulusan yang terbaik dapat membuat kualitas sumber daya yang dihasilkan juga unggul dan dapat bersaing di segala bidang yang diinginkan. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1)Bagaimana Perencanaan Penerimaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung? (3)Bagaimana Evaluasi Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung? Tujuan penelitian ini disusun: (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Penerimaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui Evaluasi Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, pengujian transferability (keteralihan), pengujian dependability (ketergantungan), dan pengujian confirmability (kepastian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)Perencanan program peserta didik di MAN 2 Tulungagung dilakukan pada awal tahun ajaran baru dengan menentukan beberapa hal diantaranya target yang akan dicapai, kondisi madrasah, fasilitas, dan sumber daya yang ada seperti tenaga pendidik dan kependidikannya. program atau kegiatan yang akan dilaksanakan, perbandingan dan pertimbangan dalam perencanaan program, penanggungjawab program atau kegiatan, anggaran dan, dan waktu pelaksanaan kegiatan atau program peserta didik. Perencanaan penerimaan peserta didik baru di MAN 2 Tulungagung yakni dengan melaksanakan sistem penerimaan peserta didik baru yaitu melalui 4 jalur yang sistematis yakni melalui jalur golden tiket, jalur prestasi, jalur MAN-PK, dan jalur regular. (2)Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 2 Tulungagung dilaksanakan dalam dua tahap. Pembinaan peserta didik dikategorikan menjadi pembinaan akademik melaui kelas akademik riset, seni, olahraga, multimedia, tata boga, dan internasional. Pembinaan non akademik melalui pembinaan keagamaan dan keterampilan, kepemimpinan dan berorganisasi, serta kedisiplinann, dan ketatatertiban. Pengembangan peserta didik di MAN 2 Tulungagung dikategorikan menjadi pengembangan kokurikuler melalui kelas akademik, riset, seni, tata boga, dan multimedia serta pengembangan melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik (3) Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 2 Tulungagung dikategorikan menjadi dua program evaluasi peserta didik yakni Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Evaluasi Program Pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203109 DEWI ENJELIA FEBRIANI |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:58 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47053 |
Actions (login required)
View Item |