ANALISIS BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKANSOAL MATEMATIKA TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

SITI KHOIRIYAH, 126204201066 (2024) ANALISIS BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKANSOAL MATEMATIKA TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Komputasional Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill)pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” ini ditulis oleh Siti Khoiriyah, NIM 126204201066, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : berpikir komputasional matematis, soal matematika tipe HOTS, SPLDV Fenomena kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam penyelesaian masalah merupakan tuntutan pendidikan abad 21. Pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan berpikir komputasional matematis yang tinggi, ada yang sedang bahkan ada juga yang rendah. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa tersebut. Peneliti menggunakan soal matematika yang menerapkan pemikiran tingkat tinggi seperti soal tipe (Higher Order Thinking Skill) karena soal ini memerlukan keterampilan mentransfer satu konsep ke konsep lainnya, memproses dan menerapkan informasi,mencari keterkaitan berbagai informasi, serta menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah. Sehingga soal HOTS dipandang mampu menggali kemampuan berpikir komputasional matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori tinggi, mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori sedang, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori rendah dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan 6 subjek yang berasal dari peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Srengat tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengambil informasi yang sesuai dengan rumusan masalah. Sedangkan proses pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori tinggi pada subjek S1 dan S2 menunjukkan tahapan berpikir komputasional matematis dengan runtut dan benar mulai dari dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan perancangan algoritma, namun ada beberapa aspek yang terlewatkan seperti pada aspek abstraksi karena sudah dilakukan di otak. Kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori sedang pada subjek S3 dan S4 menunjukkan indikator dekomposisi dan pengenalan pola, namun melakukan kesalahan perhitungan pada indikator selanjutnya. Kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kategori rendah pada subjek S5 dan S6menunjukkan indikator dekomposisi saja atau bahkan tidak melakukan langkah berpikir komputasional matematis sama sekali. Hal ini dikarenakan siswa tidak mampu mengolah informasi yang ada dan tidak mampu melakukan langkah-langkah penyelesaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201066 SITI KHOIRIYAH
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:04
Last Modified: 12 Jun 2024 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47060

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item