IMPLEMENTASI MEDIA GADGET PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NU PACE NGANJUK

ARMA NENGSI, 126201203311 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA GADGET PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NU PACE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arma Nengsi, 126201203311, Implementasi Media Gadget pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa di SMK NU Pace Nganjuk, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Moh Arif, M.Pd. Kata Kunci: Media Gadget, PAI, Motivasi Belajar Era teknologi 5.0 alat komunikasi sudah semakin canggih, salah satunya adalah gadget, yang saat ini juga memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Dalam pembelajaran, gadget sangat membantu siswa dalam mendapatkan materi yang relevan, selain itu gadget dapat memperluas wawasan dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran PAI. Fokus penelitian ini adalah: Pertama, budaya atau perilaku siswa dalam menggunakan media gadget pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NU Pace Nganjuk. Kedua, implementasi media gadget pada Pembelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK NU Pace Nganjuk. Ketiga, Implikasi penggunaan media gadget pada pembelajaran PAI di SMK NU Pace Nganjuk. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk memaparkan budaya atau perilaku siswa dalam menggunakan media gadget pada Pembelajaran PAI di SMK NU Pace Nganjuk. Kedua, untuk memaparkan implementasi media gadget pada Pembelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK NU Pace Nganjuk. Ketiga, untuk memaparkan Implikasi penggunaan media gadget pada pembelajaran PAI di SMK NU Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Loksi penelitian yaitu SMK NU Pace Nganjuk. Sumber datanya yaitu Guru PAI, kepala sekolah, waka kesiswaan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi partisipan. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penggunaan gadget sudah di atur oleh pihak sekolah melalui SOP, dan juga sebagai media pembelajaran pada pelajaran PAI, gurulah yang berperan dalam mengontrol penggunaan gadget dalam pembelajaran PAI dengan cara membatasi waktu penggunaannya. Kedua, implementasi media gadget pada pembelajaran PAI, sekolah menghimbau guru dan siswa agar tidak mengganggu konsentrasi dalam belajar. Ketiga, implikasi penggunaan gadget pada pembelajaran PAI dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK NU Pace Nganjuk adalah siswa lebih antusias dalam pembelajaran dengan menggunakan media gadget.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203311 ARMA NENGSI
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:41
Last Modified: 14 Jun 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47074

Actions (login required)

View Item View Item